Arus Angkutan Barang dan Transportasi Bus di Jalur Trenggalek-Ponorogo Terputus karena Longsor

Arus Angkutan Barang dan Transportasi Bus di Jalur Trenggalek-Ponorogo Terputus karena Longsor
Jalur Trenggalek-Ponorogo merupakan jalur penting dan jalur utama transportasi barang di wilayah selatan bagian barat Provinsi Jawa Timur.
 

Ruas jalan negara yang menghubungkan jalur Trenggalek dan Ponorogo di Jawa Timur Kamis (26/1/2017) pagi tadi terputus akibat longsor. Akun @BBPJN8 menginformasikan, longsoran bebatuan dan kerikil memenuhi badan jalan. Warga bersama petugas seperti personil TNI sudah turun ke lokasi untuk melakukan pembersihan.

Menurut Bakti Susilo Widodo, netizen yang juga warga setempat, titik longsoran terjadi di ruas jalan di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, di Kabupaten Trenggalek. Desa ini berbatasan langsung dengan wilayah administratif Kabupaten Ponorogo.

Menurut Bakti, longsor terjadi sejak Rabu (25/1/2017) sore. Batu berukuran sangat besar jatuh melewati lereng perbukitan dan terlempar di jalan aspal. 

ISTIMEWA

Jalur Trenggalek-Ponorogo merupakan jalur penting dan jalur utama transportasi barang di wilayah selatan bagian barat Provinsi Jawa Timur. Jalur ini dikenal dengan karakternya yang membelah gunung, berkelok dengan tikungan dan tanjakan serta turunan tajam dan badan jalan yang tidak terlalu lebar.

Jalur ini menjadi alternatif warga Blitar dan Tulungagung selain Trenggalek untuk melakukan pengiriman barang tujuan ke Yogyakarta, Solo dan Jakarta. Jalur ini juga menjadi jalur utama rute bus antar kota antar provinsi (AKAP) tujuan Tulungagung dan ke Solo serta Jakarta, misalnya PO Harapan Jaya dan PO Handoyo.