Bos Produsen Bus BYD: Tahun 2020 Semua Bus di Cina Bertenaga Listrik

Di Cina, dia memperkirakan mulai 2020 nanti semua bus yang beroperasi di sana merupakan bus listrik alias sudah tidak ada lagi bus bermesin diesel konvensional dengan bahan bakar fosil.
 

BYD dikenal sebagai salah satu produsen bus listrik terkemuka di China. Merek yang bermarkas di Kota Shenzhen ini sudah mengekspor banyak bus listrik ke berbagai negara, termasuk ke daratan Eropa. Nama BYD merupakan kependekan dari Build Your Dreams.

Bos BYD, Wang Chuanfu mengatakan, bus listrik akan menjadi transportasi masa depan. Di China, dia memperkirakan mulai 2020 nanti semua bus yang beroperasi di sana merupakan bus listrik alias sudah tidak ada lagi bus bermesin diesel konvensional dengan bahan bakar fosil.

Menurutnya, merupakan kesalahan besar jika pengusaha transportasi masih mengandalkan bus bertenaga diesel konvensional. Jika kekeliruan itu dilakukan sekarang dengan membeli bus bermesin diesel konvensional maka resiko buruknya akan dirasakan di masa datang.

Bus listrik BYD di pabrik BYD Auto, Shenzhen 

\BYD saat ini sudah memproduksi 20.000 unit bus listrik yang sudah mengaspal di jalanan. BYD dikenal sebagai produsen baterai iron phosphate yang terbesar di dunia.

BYD saat ini tengah serius menggarap pasar bus di Eropa dengan membuka pabrik bus di Hungaria yang mulai beroperasi sejak bulan April 2017 lalu. Pabrik ini mampu memproduksi bus sebanyak 200 unit per tahun.

Pabrik bus BYD lainnya di Eropa berlokasi di Bauvails, Perancis, yang bersama-sama pabrik di Hungaria mampu meningkatkan kapasitas produksi busnya hingga dua kali lipat. BYD juga menancapkan kaki di Inggris dengan memasok driveline ke perusahaan mitranya, ADL.