Bus Scania Double Decker Meriahkan Pawai Kemenangan Pemain Persija Juara Liga 1

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, bus Scania K410 IB double decker ini merupakan donasi dari PT United Tractors Tbk
 

Jalan protokol di Jakarta sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin dan kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12/2018) kemarin berubah menjadi penuh dengan warna oranye. Hari itu, ribuan supporter bersama para pemain Persija larut dalam kegembiraaan bersama merayakan kemenangan Persija sebagai juara di Liga 1 musim 2018.

Di pawai ini para pemain Persija diarak naik bus Scania K410 IB double decker bersama Piala Liga 1. Sebagian pemain naik di bagian atap bus yang dibuat model atap terbuka oleh Karoseri Adi Putro, body builder yang menggarap bus ini.

Bus Scania K410IB Double Decker di pawai kemenangan Persija juara Liga 1 2018, Sabtu (15/12/2018).

Ikut bergabung pula, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang bersama para pemain naik ke dek atas bus. Ribuan supporter Persija bergabung di pawai ini dengan menyewa sejumlah bus angkutan kota seperti Kopaja dan Metromini. 

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, bus Scania K410 IB double decker ini merupakan donasi dari PT United Tractors Tbk, agen pemegang merk bus dan truk Scania di Indonesia, yang selama ini menjadi vendor pengadaan bus Transjakarta. 

Gubernur Anies Baswedan menyapa suporter dan pemain Persija di bus Scania K410IB Double Decker.

Berdasar penelusuran kami, bus Scania K410IB double decker ini pertama kali ditampilkan ke publik gelaran pameran otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD City, Tangerang. Bus ini dipajang di booth Karoseri Adi Putro. 

Bus Scania K410 IB merupakan bus premium yang terbukti sukses dipasarkan di Indonesia. Sejumlah perusahaan otobus (PO) sudah mengoperasikan bus ini untuk transportasi bus malam antarkota antarprovinsi seperti PO Harapan Jaya di trayek Jakarta-Solo-Blitar dan PO Agra Mas di trayek Jakarta-Solo-Wonogiri serta PO Putera Mulya di trayek Jakarta-Solo-Wonogiri.

Piala Liga 1 ikut diarak bersama bus Scania K410IB Double Decker.

Bus Scania K410 IB memiliki konfigurasi penggerak roda 6x2 dan menyandang mesin 13 liter DC13 107 K01 Euro 3, 4 Stroke 6 silinder in-line dengan denganturbo charged intercooled dengan tenaga maksimum 306kW (410 HP) pada 1900 rpm. Bus ini sudah dilengkapi dengan teknologi Scania PDE Injection (separate electromagnetically controlled unit injectors) untuk menjaga bahan bakar solar yang diasup tetap bersih, bebas dari campuran air dan kotoran lainnya. Teknologi lainnya yang disematkan di mesin ini adalah air cleaner.

Bus Scania K410IB Double Decker di pawai kemenangan Persija juara Liga 1 2018, Sabtu (15/12/2018).

Terkait dengan pengoperasian bus Scania K410 IB ini, manajemen PT Transjakarta akan menyiapkan nama untuk bus ini agar bisa menjadi kebanggaan warga Jakarta dan pendukung Persija.  "Mungkin nanti akan ada sayembara untuk pemilihan nama bus itu," ungkap Agung Wicaksono.