Food Truck Ini Siap Membagikan 1.000 Menu Makanan Setiap Hari, Selama Ramadhan Berlangsung

Food Truck Ini Siap Membagikan 1.000 Menu Makanan Setiap Hari, Selama Ramadhan Berlangsung
Menu yang disiapkan akan dimasak langsung di kabin belakang truk yang bodi karoserinya telah diformat ala dapur berjalan. Bahkan tersedia pula sepeda motor agar jangkauan lebih luas.
 

Menyambut datangya bulan suci Ramadhan ini, organisasi nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) menghadirkan armada food truck terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Food truck ini akan beroperasi menyediakan makanan secara cuma-cuma kepada warga masyarakat yang membutuhkan selama berlangsungnya Ramadhan 1438 H, 30 hari penuh.

Food truck ACT akan menyambangi mesjid, kawasan kumuh warga miskin, rumah sakit, dan sejumlah lokasi lain yang akan disesuaikan dengan kebutuhan para penerima manfaat.

Dalam jangka panjang, sasaran program ini adalah para pekerja informal berpenghasilan rendah, masyarakat miskin, musafir, penunggu pasien rumah sakit, dan juga komunitas rawan pangan.

 Dengan kemampuan mobilitasnya yang tinggi, Humanity Food Truck selain 'menjemput bola' pada wilayah rawan pangan, juga dapat menjadi solusi kecepatan pemenuhan makanan bagi korban bencana.

Food Truck for Humanity ini dilengkapi satu motor trail untuk menembus daerah terisolir dan medan sulit.

Presiden ACT Ahyudin dalam keterangan persnya, Kamis (25/5/2017) mengatakan, food truck yang diberi nama Food Truck for Humanity ini akan menyediakan sebanyak 1.000 porsi makanan gratis setiap hari.

Menunya dipastikan enak dinikmati, karena makanannya diolah oleh koki profesional sehingga bergizi, higienis, halal, dan sesuai citarasa orang Indonesia.

Menu yang disiapkan akan dimasak langsung di kabin belakang truk yang bodi karoserinya telah diformat ala dapur berjalan.

Food truck ini menggunakan truk Mitsubishi Fuso FM 517HL dan memiliki panjang 8 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 2,7 meter.

Selain dapat memproduksi 1.000 porsi makanan, sebanyak 200 liter air minum dapat ditampung untuk melepas dahaga para penerima manfaat.

Bukan hanya itu, untuk menjangkau kawasan terisolasi, sebuah motor trail KLX 150 cc pada buritan truk.

Sepeda motor ini berguna untuk menembus kawasan sulit dan terjal seperti di pelosok pedesaan yang sulit ditembus dengan kendaraan biasa. Food truck ini juga dilengkapi peralatan penunjang seperti radio komunikasi, AC, videotron, alarm pendeteksi api, generator listrik.

Joni, Chef Food Truck for Humanity mengatakan, ruang dapur di kabin truk ini sanggup menyiapkan menu makanan apapun dengan kualitas terbaik.

"Food truck ini dilengkapi peralatan modern dan terlengkap di antara food truck yang pernah ada,” ungkapnya. 

ACT mengharapkan dukungan dari para pewakaf untuk berpartisipasi bagi pengadaan armada Food Truck for Humanity berikutnya agar lembaga nirlaba ini bisa melayani lebih banyak lagi kaum dhuafa dan mereka yang membutuhkan bantuan.

Bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi menyediakan menu makanan lewat Food Truck for Humanity ini, ACT membuka rekening donasi di Bank BNI Syariah di nomor rekening 66 0000 3303 dan di Bank Mandiri nomor rekening 127 000 7721 234.