Ford Kenalkan Varian Transit Dengan Ciri Raptor

Ford Kenalkan Varian Transit Dengan Ciri Raptor
Ford memberikan sentuhan Raptor pada Van yang dijejali dengan teknologi 4WD baru
 

Ford F-150 Raptor merupakan salah satu produk Blue Oval yang paling menonjol. Ciri tulisan Ford yang terpampang jelas pada grilnya menjadikannya sesuatu yang berbeda. Boleh dikatakan ciri tersebut menjadi ciri kendaraan 4x4 performa tinggi racikan Ford. Lihat saja pada sosok Ford Ranger Raptor yang juga mengadopsi hiasan khas ini, di mana orang langsung bisa membedakannya dengan Ranger 'biasa'.

Seolah tak mau kehilangan ombak, model Ford lainnya yakni Transit, bergerak mengadopsi desain ini. Varian ini dengan huruf FORD tertampang gagah pada grilnya ini, merupakan van All-wheel Drive (AWD) yang mampu diterjunkan pada jalanan yang kasar.

Walau punya ciri khas Raptor, namun tak lantas menyomot nama pikap full size tersebut di belakang nama Transit. Pihak Ford justru memberikan nama tambahan Trail pada model yang satu ini .

Sebagai kendaraan AWD, Van ini dilengkapi dengan perangkat penggerak 4 roda dengan jejalan limited slip differential baru yang dipadukan dengan kontrol traksi yang telah mengalami penyempuraan. Sehingga mampu membuatnya tetap berjalan di atas permukaan licin, seperti di  jalanan yang diselimuti es, atau berlumpur tipis.

Sistem penggeraknya mampu membagi kekuatan putaran roda pada bagian roda depan maupun belakang hingga 50:50. Komposisi ini dapat dibagi sesuai dengan kebutuhan oleh tranfercase cerdasnya. Sebagai gambaran, dalam kondisi yang tidak dibutuhkan Transit Trail ini hanya akan mengandalkan penggerak roda belakang saja dan secara otomatis akan menggerakkan roda depan begitu terdeteksi mengalami kekurangan traksi pada roda depan.

Mesin diesel 2.000 cc ditawarkan dengan dengan cetakan tenaga mulai 128 hp, 168 hp dan 182 hp. Selain itu untuk menambah efisiensi ditambahkan teknologi mild hybrid berdaya listrik 48 volt yang didaur dari energi pengereman dan kemudian disalurkan ke mesin untuk memangkas beban.

Van ini dijajakan dalam pilihan panel van dan juga double cabin dengan bak terbuka di bagian belakang.