GIICOMVEC : Alcoa, Pelek Aluminium Jadi Resep Ekonomis Dan Estetika

Tak hanya menjadikan penampilan lebih menarik, pelek yang digunakan truck dan bus besar ini juga menyuguhkan keunggulan yang bisa meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.
 

Tak saja pada kendaraan penumpang, namun pada kendaraan komersial penggunaan pelek aluminium kerap dijumpai dan akan menjadi salah satu trend.

“Pelek dengan bahan alminium kian menjadi kebutuhan industri komersial, keuntungan signifikan dari pelek ini adalah bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan pelek berbahan besi,” jelas Burhan Kurniawan, Region Sales Manager Arconic Singapore Pte Ltd , yang mengibarkan merek Alcoa Wheels saat ditemui bus-truck.id di sela acara GIICOMVEC 2018, Jumat (02/03).

Dengan berat kurang dari setengah dari bobot pelek besi, akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada efesiensi bahan bakar dan juga keawetan komponen, terutama pada drivetrain.

Selain itu terdapat keuntungan lain di luar ranah performance yakni pada estetika. Dengan penampilan aluminium polish akan memberikan penampilan yang lebih menarik dibandingakan pelek berbahan kaleng.

Berbincang mengenai produk Alcoa, Burham mengatakan bahwa pabrikan yang bermarkas di Amerika ini menggunakan proses forging (tempa) dalam membuat produknya. Dengan proses ini pelek alminum forging dari Alcoa ini diklaim lebih kuat 528 % dibandingkan pelek berbahan besi.

Pelek besi dua kali lebih berat dibandingkan pelek almumnium