Gunakan Material Aluminium, Karoseri di Kudus Ini Pasok 101 Unit Bus Anti-karat untuk Transjakarta 

Karoseri Nusantara Gemilang menggunakan material aluminium yang diimpor dari Swiss melalui jaringan distributornya di Malaysia.
 

Karoseri Nusantara Gemilang di Kudus, Jawa Tengah, selama ini dikenal menjadi salah satu pemasok armada bus Transjakarta di DKI Jakarta, bersama-sama karoseri lain seperti Karoseri Tentrem di Malang, Trisakti dan New Armada di Magelang, Laksana di Ungaran dan Restu Ibu dan Rahayu Santosa di Bogor.

Meski bukan karoseri yang terbanyak memasok unit bus Transjakarta, karoseri Nusantara Gemilang yang masih satu grup dengan Perusahaan Otobus Nusantara ini dikenal unik dalam proses fabrikasi dan produksi busnya.

Yakni, menyediakan opsi penggunaan material aluminium untuk bahan dinding dan lantai bus. Hal ini membuat bobot total bus saat selesai dibuat menjadi lebih ringan hingga 500 kg jika dibandingkan menggunakan material dari besi atau pelat baja. Selain itu, penggunaan material aluminium juga lebih awet, bebas korosi.

Karoseri Nusantara Gemilang menggunakan material aluminium yang diimpor dari Swiss melalui jaringan distributornya di Malaysia.

Material aluminium inilah yang kini diaplikasikan karoseri ini untuk armada bus Transjakarta. Wijanarko, Direktur Teknik & Fasilitas Transjakarta, di sela acara kunjungan ke karoseri ini Selasa (13/2/2018) mengatakan, dengan bobot bus yang lebih ringan, bus juga lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar saat dioperasikan. Selain itu, manfaat lainnya adalah usia pakai ban menjadi lebih lama.

"Bus dengan bahan aluminium ini dapat bertahan selama 10 tahun. Kami menginginkan bus yang memiliki daya angkut lebih besar. Selain menggunakan aluminium, nanti model bus kami akan menampung penumpang lebih banyak ke depannya, seperti bus-bus yang dioperasikan di bandara," kata Wijanarko.

Transjakarta memesan sebanyak 101 unit bus baru tipe low deck (lantai bus rendah) dengan material aluminium ini dari ttoal 300 unit bus baru yang dipesan Transjakarta untuk menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta.

Pilihan chasis dan mesin yang diambil adalah dari Mercedes-Benz dan Scania untuk aplikasi bus maxi dan single bus dan selanjutnya dioperasikan melayani sejumlah koridor dan sebagai bus pengumpan.