Hino Gelar Kompetisi Mengemudi Aman untuk Sopir Bus di Surabaya

Di Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur, bus masih menjadi salah satu moda transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Pengemudi yang baik sangatlah penting demi keselamatan lalu lintas.
 

Dilandasi keinginan membantu Pemerintah menekan angka kasus kecelakaan jalan raya yang melibatkan bus, PT Hino Motors Sales Indonesia bersama jaringan dealernya di Surabaya, Catur Kokoh Nasional, menggelar kegiatan edukasi mengemudi aman untuk pengemudi bus bertajuk Hino Safety Driving Competition.

Ajang serupa sebelumnya sudah digelar di Yogyakarta dan Semarang. Di Pulau Jawa atau khususnya Jawa Timur, bus masih menjadi salah satu moda transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Untuk itu Hino memandang penting aspek keselamatan yang perlu dimiliki oleh pengemudi bus seperti aspek pengecekan rutin maupun saat persiapan sebelum dia benar-benar menjalankan tugasnya mengemudikan bus.

Sales & Promotion Director HMSI, Santiko Wardoyo dalam keterangan persnya mengatakan, Hino Safety Driving Competition merupakan bagian dari kampanye Hino yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. "Hino terus berupaya mewujudkan komitmennya dalam hal keamanan berkendara melalui teknologi kendaraan terdepan serta kampanye keselamatan untuk mengurangi resiko dan tingkat kecelakaan,” ungkap Santiko,

Kali ini Hino Safety Driving Competition dikemas dalam konsep yang fun dengan memberikan sejumlah materi dan teori terkait berkendara yang sesuai dengan peraturan lalu lintas. Selain itu, agar lebih memahami ilmu yang telah diberikan, para peserta juga mengikuti kegiatan praktik di lapangan.

Pada hari pertama bertempat di showroom Hino Catur Kokoh Mobil Nasional, Surabaya. Hino mengajak 60 pengemudi bus untuk ikut tes tulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu-rambu lalu lintas. 

Peserta Hino Safety Driving Competition, Surabaya

Setelah itu 10 pengemudi terbaik akan melanjutkan tes hari kedua di Tol Tambak Sumur - Tol Juanda 1 untuk eco driving test yakni teknik mengemudi bus yang ekonomis saat dikendarai, agar bus jadi lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar. Dalam eco driving test ini, pengemudi bus juga diuji mengenai teknik mengemudi seperti properly driving. Ini adalah teknik mengemudi yang tepat dan benar sesuai petunjuk teknis dari pabrikan Hino.

Mereka juga diuji tentang teknik safety driving, yaitu teknik mengemudi bus yang memperhatian ketentuan dan rambu di jalan raya untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Hal ini turut diujikan, karena banyak kecelakaan disebabkan oleh faktor kelalaian pengendara yang abai terhadap kesiapan armada, hingga faktor keteledoran pengendara dalam menjalankan kendaraannya dan tidak mematuhi rambu lalu lintas. Di hari ketiga para peserta menjalani inspection test dan serta pararel and garage parking yang bertempat di area showroom dealer Hino CKMN Surabaya.

“Kami harapkan melalui acara ini para pengemudi memegang nilai-nilai, bahwa keselamatan di jalan raya harus dimulai dari diri sendiri. Serta saling menghormati sesama pengguna jalan raya, dan memerhatikan dan mematuhi rambu lalu lintas,” ungkap Mario Sadewo, Direktur Utama Hino CKMN.

Melalui Hino Safety Driving Surabaya, Hino juga ingin menegaskan posisinya sebagai pemimpin pasar bus di Jawa Timur. Selama periode Januari sampai dengan Agustus 2018, Hino menguasai market share di Jawa timur dengan perolehan 67.3%. Penjualaan dan penguasaan market share yang tinggi ini, banyak dipengaruhi oleh pembangunan jalan tol Trans Jawa yang sudah mulai menyambung di berbagai sisi, serta sektor pariwisata yang juga turut menggairahkan pasar bus di tahun ini.