Hino Kembangkan Teknologi Peringatan Dini, Penumpang Bisa Hentikan Bus Saat Situasi Darurat

Hino Kembangkan Teknologi Peringatan Dini, Penumpang Bisa Hentikan Bus Saat Situasi Darurat
Saat tombol ditekan, klakson bus akan berbunyi untuk memberi peringatan kepada orang-orang di sekitar bahwa akan segera menurunkan kecepatan sampai bus benar-benar berhenti.
 

Hino Motors Ltd kini sedang mengembangkan teknologi yang membantu penumpang menghentikan bus yang dinaikinya dengan cukup menekan tombol saat berada dalam situasi emergency, misalnya pengemudi bus tiba-tiba sakit yang menyebabkan pengemudi tidak bisa mengendalikan busnya.

Dikutip dari situs The Japan News, Senin (4/6/2018), tombol ini akan ditempatkan di atas kursi penumpang, baik yang duduk di kursi baris kiri maupun baris kanan.

Saat tombol ditekan, klakson bus akan berbunyi untuk memberi peringatan kepada orang-orang di sekitar bus bahwa segera menurunkan kecepatan sampai bus benar-benar berhenti.

Bersamaan dengan klakson bus berbunyi, lampu hazard di bus menyala berkedip kedip. Tapi jika penumpang memencet tombol tersebut karena kekeliruan atau ketidaksengajaan, pengemudi bus bisa langsung mengoreksinya.

Teknologi ini diyakini akan membantu menyelamatkan penumpang manakala pengemudi jatuh sakit saat sedang menjalankan tugas mengemudikan bus atau ketika tiba-tiba pengemudi tertidur saat mengemudi yang jika dibiarkan bisa menyebabkan kecelakaan fatal.

Dalam sebuah panduan yang diterbitkan tahun 2016, Kementerian Tanah, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang sudah meminta kepada industri manufaktur kendaraan agar merancang teknologi peringatan dini yang dapat membantu menyelamatkan penumpang saat terjadi sesuatu pada pengemudi bus.