Hino Turunkan 2 Truk Ranger dan 2 Pembalap Senior di Dakar Rally 2018

Hino Turunkan 2 Truk Ranger dan 2 Pembalap Senior di Dakar Rally 2018
Seperti race tahun lalu, di seri balapan edisi kali ini Hino Motors kembali mempercayakan tim Hino Team Sugawara untuk bertarung menaklukkan ganasnya medan.
 

Hino Motors kembali menurunkan pembalapnya di ajang Dakar Rally 2018, reli ganas dengan medan terjal bercampur gurun dan lumpur di Amerika Selatan 6 Januari sampai 20 Januari 2018. Seperti race tahun lalu, di seri balapan edisi kali ini Hino Motors kembali mempercayakan tim Hino Team Sugawara untuk bertarung menaklukkan ganasnya medan. Tim ini akan menggunakan truk Hino500 series sebagai kendaraan dengan sebutan “The little monster”.

Julukan ini sejalan dengan posisi truk Hino yang menjadi satunya truk medium yang berlaga bertanding melawan truk–truk dengan cc dua kali lebih besar. Hino500 menyandang mesin tipe A09C-TI dengan Turbo Intercooler dengan tenaga hingga 700 PS dan maksimum torsi 236 kgm / 1.200 rpm.

Yoshimasa Sugawara driver truk pertama tim Hino Team Sugawara Dakar Rally 2018

Spesial stage pertama sudah dimulai dari Lima, ibukota Peru, 6 Januari 2018 lalu, menempuh jarak 31km. Hino Team Sugawara menurunkan dua pembalap dengan dua truk yang diturunkan. Truk kedua dikendarai Teruhito Sugawara dengan navigator Mitsugu Takahashi finish di posisi 12 untuk kelas truk kategori umum atau 3 menit di belakang juara pertama.

Truk pertama dikemudikan pebalap senior berusia 76 tahun, Yoshimasa Sugawara dan navigator Katsumi Hamura. “Kami sangat berhati–hati pada hari pertama ini karena jaraknya sangat pendek. Hamura yang kembali setelah tiga tahun absen sebagai navigator sangat membantu dengan memberikan instruksi yang tepat. Ini membuat saya menjalani lomba dengan tenang dan nyaman karena truk mengeluarkan performa terbaiknya  dan tidak ada masalah yang berarti sedikit pun,” kata Yoshimasa Sugawara.

Hino Team Sugawara Dakar Rally 2018

Ajang Dakkar Rally 2018 merupakan edisi kesepuluh yang diadakan di Amerika Selatan setelah sebelumnya berada di benua Afrika. Rally yang dimulai dari Negara Peru lalu melintasi Bolivia dan terakhir finish di Argentina, para pembalap akan melewati rute yang baru atau tidak pernah dilalui pada rally–rally sebelumnya. 

Dakar Rally tahun ini untuk kategori truk diikuti 44 team dan akan melahap medan yang berat selama 15 hari penyelenggaraan dengan total 14 stages menempuh jarak 8.270 KM.  Hino Truck pertama kali mengikuti lomba Dakar Rally tahun 1991 dan menjadi satu-satunya truk asal Jepang yang ambil bagian di reli ini. Di balapan tahn 1997, Hino Truck Dakar Rally tampil sebagai juara umum untuk kategori truk serta meraih posisi dua dan tiga.