Ingat, Ada Batasan Bobot Barang Bagasi PO Rosalia Indah

Ingat, Ada Batasan Bobot Barang Bagasi PO Rosalia Indah
Nanti setelah didata, barang yang dibawa akan diberi label agar tidak tertukar oleh orang lain.
 

Seperti kebanyakan perusahaan otobus (PO) antarkota antarprovinsi, Rosalia Indah juga memiliki kebijakan tersendiri dalam hal bobot bagasi gratis. Penumpang yang membawa barang berlebih nantinya terkena biaya kargo tambahan.

Dalam pengumumannya di pool Semarang disebutkan jika bobot barang maksimal yang menjadi fasilitas gratis adalah 20 kg untuk bus standar dan 30 kg pada bus premium. Sementara ukuran maksimalnya 70 x 50 x 30 cm.

Jika lebih, penumpang akan dikenakan biaya kargo di luar harga tiket. Besarannya bervariasi tergantung bobot dan tujuannya. Seperti yang dialami Redy Widiantara, penumpang Rosalia Indah dari Semarang ke Baturaja, Sumsel.

"Saya kelebihan bagasi sekitar 40 kg. Dikenakan tambahan kargo Rp 170 ribu untuk rute Semarang-Baturaja. Itu di luar tiketnya yang Rp 550 ribu," katanya.

Nanti setelah didata, barang yang dibawa akan diberi label agar tidak tertukar oleh orang lain. Hal ini jadi salah satu nilai lebih, karena selama ini banyak kejadian barang tertukar atau justru dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab yang sengaja mengambil barang orang lain.

Oiya, perbedaan bus standar dan premium bukan ditentukan dari kelasnya ya. Karena Rosalia Indah memang memiliki bermacam kelas. Mulai dari AC VIP, eksekutif hingga super eksekutif dan first class. 

Perbedaannya justru di penggunaan sasisnya. Jika bus standar memakai sasis Hino RK atau Mercedes-Benz OH 1526 dan OH 1626. Sedangkan bus premium bersasis Scania K310IB atau K410IB yang lebih bertenaga.