Ini Dia Para Jagoan Mengemudi Irit Truk Volvo

Ini Dia Para Jagoan Mengemudi Irit Truk Volvo
Selain menerbangkan juara masing-masing kategori ke Swedia, Volvo Trucks juga memberikan sertifikat ke semua finalis dan otomatis tampil menjadi duta Volvo Trucks
 

Volvo Trucks untuk ke tujuh kalinya menggelar kompetisi tahunan tantangan adu irit bagi para pengemudinya bertajuk ‘Fuelwatch Challenge 2017’. Dari ajang yang babak finalnya digelar di kawasan BSD, Tangerang, ini, Volvo Trucks memilih dua pemenang, masing-masing dari kategori Off-road dan On-road.

Mohammad Faktur Rohman dari PT Calvary Abadi tampil menjadi pemenang kategori On-road, dan kategori Off-road dimenangi Angel Karapang dari PT Artha Mineral Resources.

Kedua pemenang selanjutnya akan dikirim mengikuti kompetisi Volvo Trucks Fuelwatch 2017, yang akan digelar Guthenburg, Swedia. Babak final ini diikuti 7 peserta. Mereka adalah para pemenang di babak penyisihan yang digelar di 7 daerah di Indonesia sejak  bulan Februari 2017.

Selain menerbangkan juara masing-masing kategori ke Swedia, Volvo Trucks juga memberikan sertifikat ke semua finalis dan otomoatis tampil menjadi duta Volvo Trucks untuk membagikan pengetahuan mereka tentang teknik mengemudikan truk Volvo yang efisien bahan bakar. Di babak penyisihan, setiap peserta diuji sikap keterampilan dan disiplin dalam menangani truk. 

Babak final kategori off road Volvo Fuelwatch 2017 di BSD, Tangerang

Di babak final kategori on road, peserta harus mengemudikan truk di track aspal sepanjang 8.25 km. Moh Faktur Rohman dapat menghemat bahan bakar 1,4% dibandingkan finalis lain.

Di kategori off road, Angel Karapang menunjukkan kehandalannya di medan Off-road sepanjang 3 km dengan menghemat 23 persen bahan bakar dibanding finalis lain.

Pengukuran efisiensi bahan bakar menggunakan Dynafleet, sistem pengukuran fleet management dari Volvo Trucks mengacu pada 4 kategori utama: pengereman, adaptasi kecepatan, penggunaan gear, mesin dan dalam keadaan diam.

Jurn Terpstra, Direktur Marketing untuk Volvo Trucks Indonesia mengatakan, setiap tahunnya penyelenggaraan acara Volvo Trucks Fuelwatch merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh para pengemudi di seluruh dunia.

"Tahun ini, kami mempersiapkan para pengemudi dengan keterampilan dan training yang lebih intensif lagi untuk mengatasi tantangan pertandingan di ajang Asia Pacific, September mendatang," ungkap Jurn Terpstra.

Melalui kompetisi Fuelwatch, misi Volvo Trucks untuk mewujudkan pengemudi yang lebih handal dan memiliki ketrampilan untuk meningkatkan performa truk agar lebih efisien akan semakin cepat terwujud.

Para pemenang Indonesia Final Fuelwatch 2017 :

Off Road
1. Angel Karapang – PT. Artha Mineral Resources
2. Fajar Triyana – PT. Putra Perkasa Abadi
3. Semi – PT. Ryan Eka Pratama
4. Sugandi – PT. Arief Nusa Raya

On-Road

1. Moh Faktur Rohman – PT. Calvary Abadi
2. Sukar – PT. Terminal Peti Kemas
3. Yori Afrisandi – PT. PecTech Services