Ini Dia Sosok Eduard Nikolaev, Sang Juara Balap Truk Reli Dakar 2017

Ini Dia Sosok Eduard Nikolaev, Sang Juara Balap Truk Reli Dakar 2017
Dulu menjadi mekanik untuk pereli Rusia, Ilgizar Mardeev, serta Vladimir Chagin di ajang Reli Dakar, kini Eduard Nikolaev menjadi jawara Reli Dakar di kelas Truk tahun ini.
 

Pereli Rusia, Eduard Nikolaev akhirnya resmi menjadi juara bersama tim Kamaz-Master. Dia menjadi nomor satu disusul Dmitry Sotnikov 18 menit 58 detik di belakang.

Nikolaev bukan pereli baru, lantaran dia sejak musim balapan 2013 sudah duduk di kursi pilot dan menjadi juara dan di balapan tahun 2010 dia juga menang dengan posisi co-pilot berpasangan dengan pereli Rusia, Vladimir Chagin.

Dikutip dari situs Planet-Trucks.com, Minggu (29/1/2017), dengan kemenangan Nikolaev ini, tim Kamaz-Master memiliki catatan 14 kali menang. Reli Dakar 2017 di kelas truk diikuti 50 truk dan start dari Asuncion, Paraguay dan hanya 45 truk yang berhasil finish di balapan dengan trek ekstrem yang berlangsung selama 15 hari ini.

Siapa sebenarnya Eduard Nikolaev? Dia selama ini dikenal sebagai pilot yang menspesialisasikan diri di balapan truk. Dia pertama kali ambil bagian di balap Reli Dakar tahun 2006. Dia loyal bergabung di tim Kamaz sejak menekuni karier balap truknya.

motorsport.com

Pada tahun 2007, 2009 dan 2010, Nikolaev pernah menjadi mekanik untuk pereli Rusia, Ilgizar Mardeev yang tewas saat berkendara dengan Quad Bike tahun 2014 dan kemudian juga menjadi mekanik untuk pereli Rusia lainnya, Vladimir Chagin.

Di 2011 Nikolaev ambil bagian dan mendapat posisi pilot di Reli Dakar dan berhasil finish di posisi ketiga. Tahun berikutnya, 2012, Nikolaev didiskualifikasi di stage kelima karena terlibat tabrakan dengan sebuah mobil.

motorsport.com

Tahun 2013, Nikolaev meraih kemenangan bertandem dengan Ayrat Mardeev dan Andrey Karginov. Kemenangan serupa kembali dia raih di Reli Dakar tahun 2017 ini.