Kendaraan Niaga Buatan Indonesia KMW-AMMDes Tembus Pasar Afrika

Kendaraan Niaga Buatan Indonesia KMW-AMMDes Tembus Pasar Afrika
KMW-AMMDes yang telah diekspor terdiri dari Paddy Husker (Pengupas Padi), Cassava Grinder (Penepung Singkong). Serta Garri Processor (Pengolah Garri).
 

Setelah dikenalkan di ajang GIIAS 2018, kendaraan niaga buatan Indonesia, KMW-AMMDes ternyata juga diminati oleh pasar ekspor. Pengiriman unit kendaraan niaga multiguna tersebut dilakukan bulan ini.

Dalam rilis resminya, PT Senantiasa Makmur (SM) melalui PT Repindo Jagad Raya (RJR) mengekspor KMW-AMMDes. Kendaraan niaga diproduksi oleh PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) ke Nigeria.

KMW-AMMDes yang telah diekspor terdiri dari Paddy Husker (Pengupas Padi), Cassava Grinder (Penepung Singkong). Serta  Garri Processor (Pengolah Garri). Kedepannya proses ekspor ini akan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.

Seremonial ekspor perdana ini dilakukan pada Senin, 24 Agustus 2020 di pabrik KMW-AMMDes di Citereup, Kabupaten Bogor. “Kami merasa bangga dengan diekspornya KMW-AMMDes ke Nigeria. Hal ini menjadi bukti bahwa produk dalam negeri hasil karya anak bangsa juga diminati di luar negeri,” ujar Ritha Ermuliana Manik sesaat setelah prosesi pelepasan unit ekspor berlangsung.

Salah satu unit KMW-AMMDes yang diekspor adalah unit dengan aplikasi Garri Processor (Pengolah Garri - Garri merupakan makanan pokok di Nigeria yang terbuat dari singkong). Ini bukti nyata KMW-AMMDes dapat digunakan untuk berbagai fungsi dan disesuaikan dengan berbagai kebutuhan yang ada.

Tidak hanya pada sektor pertanian, sejak 2018 KMW-AMMDes sukses dikembangkan lebih dari 16 aplikasi lainnya. Diantaranya unit KMW-AMMDes Ambulance Feeder pada bidang kesehatan. Serta unit KMW-AMMDes Pemadam Kebakaran untuk kegiatan tanggap darurat.