Kontes 'Super Ace Super Challenge 2017' Se-Jabodetabek: Seliter Solar Tempuh Jarak 23,17 Km

Kompetisi ini para pengemudi pick up diesel Tata Super Ace se-Jabodetabek dengan mengambil start dari sebuah SPBU Pertamina di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara
 

Untuk kedelapan kalinya PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), agen pemegang merk kendaraan Tata Motors di Indonesia kembali mengadakan event 'Super Ace Super Challenge 2017', sebuah ajang kompetisi mengemudi pick up diesel Tata Super Ace, Minggu (26/11/2017).

Kompetisi ini para pengemudi pick up diesel Tata Super Ace se-Jabodetabek dengan mengambil start dari sebuah SPBU Pertamina di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara menempuh jarak sekitar 60 kilometer menuju titik finish di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Banten.

Hasilnya, pengemudi bernama Gunartono diyatakan keluar sebagai pemenangnya, mengalahkan peserta lain. Dia membukukan rekor nyetir paling irit, yaki rata-rata 23,17 km per liter bahan bakar solar. Gunartono berhak membawa pulang uang tunai dari TMDI.

Di tempat kedua dan ketiga adalah Alham dengan 22,66 km per liter, dan juara III Dedi Purwanto dengan pemakaian BBM 20,47 km per liter. Selain juara 1 sampai 3, PT TMDI juga memberikan penghargaan kepada juara harapan 1 sampai 3 di kompetisi ini.

Di kompetisi ini, semua kendaraan peserta harus membawa muatan seberat 1 ton dan kendaraan harus dikemudikan di jalan umum tanpa ada pengawalan (voorijder) sebagai pembuka jalan. Menurut Manajer Penjualan Kendaraan Komersial PT TMDI Wilda Bachtiar, ketentuan ini dimaksudkan untuk mendapatkan fakta faktual seberapa irit pick up Tata Super Ace saat dikemudikan menembus padatnya jalan raya dengan membawa muatan.

Jakarta merupakan tuan rumah ke delapan setelah event serupa sukses dilangsungkan di 7 kota lainnya seperti Surabaya, Bandung, Purwokerto, Tulungagung, Lampung dan Medan. 

Untuk mendapatkan data akurat, panitia menggunakan metode full to full. Yakni dengan mengecek konsumsi bahan bakar solar di pick up masing-masing peserta dengan mengisikan ulang BBM setiba di titik finish di SPBU Pertamina COCOdi kawasan Alam Sutera seperti saat ketika peserta mengawali titik start.