Menggunakan Peralatan Ini, Urusan Menaikkan dan Menurunkan Kontainer di Truk Jadi Mudah

Multilift Commander ini wujudnya berupa hooklift, dengan dilengkapi pengait yang dipasang secara built in pada chassis truk menyerupai hooklift pada truk angkutan sampah.
 

Hiab baru-baru ini meluncurkan container handling unit terbaru untuk membantu pengusaha truk dalam mengangkut kontainer yang diberi nama Multilift Commander. Dengan menggunakan peranti ini, pengemudi truk bisa dengan mudah saat akan menaikkan dan menurunkan kontainer dari atau ke atas truk.
 

Peralatan ini sangat berguna ketika truk saat akan mengangkut atau menurunkan kontainer tapi di area sekitarnya tidak terdapat infrastruktur pendukung seperti forklift.

Multilift Commander ini wujudnya berupa hooklift, dengan dilengkapi pengait yang dipasang secara built in pada chassis truk menyerupai hooklift pada truk angkutan sampah. Begitu pula cara kerjanya.

Multilift Commander bisa dilipat atau terlipat saat truk selesai menurunkan atau menaikkan kontainer. 
Peranti ini sangat berguna bagi perusahaan jasa angkutan barang seperti perusahaan logistik karena akan mempercepat proses bongkar atau pengiriman barang dari satu titik ke titik lain.

Menurut keterangan Henri Janhonen, perwakilan dari Hiab seperti dikutip situs Trasport Engineer, Multilift Commander sanggup mengangkat kontainer ISO 1C dan 1CC. "Ini merupakan aplikasi baru untuk pasar hooklift secara komersial dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan yang mengoperasikan truk hooklift karena mampu menaikkan dan menurunkan kontainer ISO dengan berat hingga 16,5 ton dengan cara mudah, cukup dengan memencet tombol," kata Henri Janhonen.

Hiab memasarkan Multilift Commander dalam dua pilihan panjang untuk aplikasi pada truk dengan tiga axle dan truk dengan empat axle, dan terdiri dari tiga komponen utama. Yakni, lifting frame, rear support rollers yang masing-masing terbuat dari baja high tensile, serta stowage frame.

Perangkat ini dilengkapi pula dengan pelindung pneumatic untuk mencegah kontainer bergeser saat akan ditarik naik ke atas truk atau saat akan diturunkan dari truk. Komponen rear rollers terpasang langsung pada rangka truk untuk memandu kontainer saat akan dinaikkan atau diturunkan dari truk.

Begitu kontainer telah dinaikkan di truk, kontainer akan langsung terkunci pada dudukannya di atas chassis belakang kabin truk melalui sepasang ratchets pada bagian depan dan dua twist lock pada bagian belakang. Peranti yang sangat praktis ini dipasarkan di Inggris.