Mercedes-Benz : Seperti Inilah Perbedaan Axor Dan Actros Yang Baru Diluncurkan

Spesifikasinya dibedakan sesuai dengan kegunaannya. Jarak tempuh menjadi salah satu acuan perbedaan antara Axor dan Actros, meski keduanya
 

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia membagi dua segmen truk heavy duty-nya yang dipasarkan di Indonesia. Masing-masing dengan nama Mercedes-Benz Axor dan Mercedes-Benz Actros.

Perbedaan keduanya menurut situs resmi Mercedes-Benz Distribution Indonesia, truk Mercedes-Benz Axor ditujukan untuk kebutuhan transportasi dan distribusi barang jarak menengah.

Sementara, truk Mercedes-Benz Actros ditujukan untuk distribusi barang jarak jauh. Masing-masing tipe truk ini memiliki banyak ragam varian untuk berbagai aplikasi kebutuhan dunia usaha.

mercedes-benz.com

Sebanyak 11 truk yang diluncurkan serentak di dealer resmi Mercedes-Benz, PT Hartono Raya Motors, di Jl Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (16/3/2017) kemarin merupakan tipe truk untuk aplikasi angkutan dan distribusi barang jarak menengah.

Truk-truk Axor yang dipasarkan Mercedes-Benz Distribusi Indonesia memiliki ciri khas bobot yang lebih ringan dan ekonomis dalam pengoperasian. Truk ini dibekali mesin diesel enam silinder-in line dengan interval waktu servis yang panjang dan gearbox maksimal dan sistem manajemen mesin Telligent. 

Mesin ini dipadukan dengan transmisi 9-speed direct drive dan 16 speed overdrive. Tenaganya bisa didapat saat dibutuhkan untuk perjalanan jauh, saat berakselerasi, mendaki dan menyalip kendaraan lain. 

zonder pump

Truk ini memadukan aspek perlengkapan, kenyamanan dan keamanan. Kabin dan interiornya dirancang dengan fitur-fitur spesifik yang mudah dioperasikan dan ergonomis buat pengemudi. Agar pengemudi tidak lelah di perjalanan, dudukan kursi pengemudi di setiap truk Axor sudah dilengkapi dengan suspensi udara yang bisa distel.

Untuk aspek keamanan, Mercedes-Benz melengkapi Axor dengan lampu depan dengan pencahayaan sangat terang, spion luar dan spion dalam yang memberikan visibilitas maksimal, bahkan dalam kondisi cuaca buruk.

Rumah spion samping dirancang agar angin yang datang dari depan langsung berhembus ke belakang dan tidak menjaga pandangan ke luar melalui kaca samping tetap terang. Pijakan kaki untuk akses naik awak truk juga dirancang besar dan lebar untuk mencegah terjadinya selip. 

Begitu juga desain pintu dibuat lebar untuk memudahkan awak truk saat akan masuk dan keluar kabin. Sistem pengereman truk Mercedes-Benz Axor sudah dilengkapi dengan teknologi ABS dengan rem cakram dan drum brakes.  Truk-truk Axor ini tersedia dalam varian 16 sampai 40 ton.

Sebanyak 7 dari 11 truk Axor yang diluncurkan Kamis (16/3/2017) kemarin dirakit lokal di Indonesia di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Gunung Putri, Bogor.

Menurut General Manager Commercial Vehicle Planning nd Life Cycle Management South East Asia Region Daimler, Maximillian Knorr, dari lima varian Axor yang diluncurkan Kamis kemarin, sebanyak 4 varian diantaranya sudah dirakit di Wanaherang.

Yakni, varian Axor 1623 C, Axor 1623 R, Axor 2528 C dan Axor 4028 T. Sementara, satu varian lainnya, yakni Axor 3336 K masih diimpor utuh dari pabrik Daimler di India.

Mercedes-Benz memasarkan truk-truk Axor ini melalui 11 jaringan dealer resminya di seluruh Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali.