Mercedes-Benz Special Trucks Mendesain Unimog Khusus Operasi Penyelamatan Pendaki Gunung

Mercedes-Benz Special Trucks Mendesain Unimog Khusus Operasi Penyelamatan Pendaki Gunung
Unimog dianggap sebagai kendaraan paling pas untuk mendukung aktivitas rescue para pendaki gunung yang sebagian permukaannya tertutup salju ini.
 

Mercedes-Benz baru-baru ini mendonasikan satu unit Unimog, truk off-road berpenggerak 4x4, untuk tim penyelamatan di aktivitas pendakian di gunung Feldberg di Eropa.

Mengutip situs Motor1.com, dengan spesifikasi yang dimilikinya ini, Unimog dianggap sebagai kendaraan paling pas untuk mendukung aktivitas rescue para pendaki gunung yang sebagian permukaannya tertutup salju ini.

Motor1

Donasi ini diberikan oleh Mercedes-Benz Special Trucks berupa satu unit Unimog U 4000 dan diserahkan kepada sebuah tim rescue pendaki gunung di Baden-Wurttemberg untuk selanjutnya langsung diuji-pakai di kawasan Feldberg, salah satu puncak pegunungan tertinggi di Black Forest, di sisi Pegunungan Alpen di Jerman bagian selatan.

Kawasan ini memiliki karakter yang sangat keras, dan dipenuhi bebatuan karang, dan berhutan lebat serta dengan permukaan di ketinggian 1493 meter dari permukaan laut yang selalu bersalju.

Motor1

Unimog U 4000 ini memiliki karakter bodi tinggi dengan center of gravity rendah serta bodi truk dengan sudut datang dan pergi yang ekstrem.

Truk ini dibekali mesin diesel empat silinder yang dilengkapi turbo dan mampu menghasilkan tenaga maksimum 218 horse power (160 kW) dan kabinnya mampu menampung 7 orang.

"Kegiatan operasi penyelamatan di kawasan yang teramat sulit, selalu menawarkan tantangan bagi tim penolong dan peralatan yang digunakan. Kami sangat berterima kasih kepada Mercedes-Benz Special Trucks yang telah menyiapkan truk Unimog ini kepada kami," ungkap Lutz Scherer, Kepala Tim Rescue Pegunungan Baden-Wurttemberg.

"Kendaraan ini sangat sempurna untuk mendukung kebutuhan kami yang khusus untuk membantu mereka yang membutuhkan pertolongan dengan cara yang lebih baik," lanjutnya.

Motor1

Foto : Motor2.com