Mitsubishi Canter Rasa Scania 520 Ini Jadi Juara Umum di Kontes Modifikasi Truk KAMT 2016

King of KAMT 2016, berhak memboyong piala bergilir dan hadiah uang Rp 50,2 juta. Desain truk Scania mengantarkan truk Mitsubishi Canter asal Cirebon ini meraih juara.
 

Truk Mitsubishi Canter yang dimodif menjadi truk rasa Eropa, Scania, dari Bukit Jaya Motor, peserta asal Cirebon, Jawa Barat, tampil sebagai juara umum ajang Kontes Akbar Modifikasi Truk (KAMT) 2016 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Sabtu (24/9).

Berdasar hasil penilaian tim dewan juri, truk ini dinobatkan sebagai King of KAMT 2016 dan berhak membawa pulang piala bergilir KAMT Kayu Super dan total hadiah uang senilai Rp 50,2 juta.

Tak hanya itu, Bukit Jaya Motor juga memborong sejumlah gelar lain seperti Juara I Superbest Ekstrem, Juara I Superbest Lighting, Juara I Superbest Eksterior, dan Juara II Superbest Kayu Super.

Selain itu, Bukit Jaya Motor juga jadi Juara I Superbest Pilihan Pengunjung dan Juara I Superbest Media Sosial. Bukit Jaya Motor memang sangat habis-habisan memodifikasi truknya ini untuk menang di KAMT 2016.

Tampilan depan mirip sekali dengan truk Scania 520 dengan ciri khas lampu kotak di bumper, dengan beberapa bilah gril tebal horisontal berkelir hitam, plus emblem tiga berlian warna merah yang khas dan tulisan Brata berukuran cukup besar.

Di truk yang dilabur warna kuning terang ini lampu-lampu standar bawaan Mitsubishi Canter tak lagi dipakai. Di bagian bumper ditambahkan lampu kabut masing-masing di sisi kiri dan kanan.

Untuk akses naik dan turun awak truk, ditambahkan footstep di bagian ujung roda depan. Truk ini tampil lebih rebah dengan groun clearance yang lebih rendah jika dibandingkan Canter versi standar pabrikannya. Namun, untuk kondisi jalan rata, truk ini masih melaju mulus tanpa hambatan.  

Untuk menampilkan aksen gahar, knalpot truk versi standar yang terletak di bagian belakang di bawah sasis, dibongkar dan diletakkan di depan, persis di belakang kabin.

Atap truk lama dibongkar, dan dirancang ulang menjadi beberapa sentimeter lebih tinggi untuk memberikan ruang kepala lebih maksimal sekaligus untuk kompartemen barang bawaan dan audio. Di bagian atap ini disematkan beberapa lampu senja untuk mempertegas penampilan.

Tambahan pemanis lainnya di truk ini adalah fender di bawah truk. Fender ini menggunakan model geser sebanyak 2 pieces untuk membuka tutup. Mirip-mirip truk ala robot Transformer. Misalnya, saat akan melakukan pengecekan kondisi aki, atau tangki bahan bakar. Sisi samping truk ini dilengkapi dengan tangga warna chrome.

Di bagian belakang, stoplamp standar Canter yang model kotak dicopot diganti dengan stoplamp bulat berukuran lebih besar untuk menampilkan spirit racing, plus sebagai lampu sein.

Dinding bak kayu belakang dibuat tinggi dan dirancang tertutup sampai ke atas untuk menampilkan aksen truk besar.

KAMT 2016 diikuti sekitar100 peserta dan melombakan 12 kategori. Dewan juri terdiri dari sembilan orang, yaitu Kamiya Noriaki (President Massiki Japan Inc.), Tom Hietaharju (EMMA), Irwan D. Soetanto (PT Hino Motors Sales Indonesia), Agus Gunawan (PT Bina Adidaya), Dedi Kurniawan (Auto Vision Lighting), Junaedi (Samko Timber), dan Ratna Hidayati (TruckMagz), Joseph Wiyono (Institut Seni Indonesia Yogyakarta), dan H. Noor Kholik (pengamat karoseri).

Berikut para pemenang Kontes Akbar Modifikasi Truk :

Superbest Seni Stiker
Juara I: Malang Jaya
Juara II: SK Jaya Lamongan

Superbest Modifikasi Hino
Juara I: Menara Mas Putra Jepara
Juara II: Rajawali Sakti Jepara

Superbest Kayu Super
Juara I: Modal Pergaulan Banyumas
Juara II: Bukit Jaya Motor Cirebon

Superbest Ekstrim
Juara I: Bukit Jaya Motor Cirebon
Juara II: Serbaguna Banyumas

Superbest Interior
Juara I: SK Jaya Lamongan
Juara II: Bebek Kreasi Banyumas

Superbest Eksterior
Juara I: Bukit Jaya Motor Cirebon
Juara II: Budhi Karya Jaya Pati

Superbest Cat dan Warna
Juara I: Serbaguna Banyumas
Juara II: Menara Mas Putra Jepara

Superbest Seni Lukis
Juara I: Menara Mas Putra
Juara II: Budhi Karya Jaya Pati

Superbest Audio
Juara I: Eko Audio Kendal
Juara II: Budhi Karya Jaya

Superbest Lighting
Juara I: Bukit Jaya Motor
Juara II: Budhi Karya Jaya

Superbest Pilihan Pengunjung
Juara I: Bukit Jaya Motor
Juara II: Budhi Karya Jaya

Superbest Media Sosial
Juara I: Bukit Jaya Motor
Juara II: Budhi Karya Jaya