Mulai 1 April, Truk 5 Gandar dengan Beban Maksimum 45 Ton Sudah Boleh Lewat Jembatan Cisomang

Mulai 1 April, Truk 5 Gandar dengan Beban Maksimum 45 Ton Sudah Boleh Lewat Jembatan Cisomang
Kendaraan dengan beban melebihi standar (overload) tetap belum diizinkan untuk melintasi Jembatan Cisomang untuk menjamin keselamatan masyarakat.
 

Jasa Marga bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) akhirnya membuka kembali Jembatan Cisomang di KM 100+700 di ruas tol Purwakarta – Bandung – Cileunyi (Purbaleunyi) untuk semua jenis kendaraan mulai Sabtu, 1 April 2017 pukul 00.00 WIB, setelah mengalami perbaikan sejak akhir Desember 2016.

Semua golongan kendaraan dengan beban gandar maksimum 10 ton dan beban kendaraan maksimum 45 ton untuk 5 gandar (Golongan V) sudah boleh lewat jembatan ini.

Keputusan pembukaan kembali Jembatan Cisomang ini berdasarkan rekomendasi Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) tentang pembukaan lalu lintas pada Jembatan Cisomang.

Kementerian PUPR melakukan pembatasan lalu lintas di Jembatan sejak 23 Desember 2016 silam, dengan hanya membolehkan kendaraan Golongan I (kecil – non bus) yang dapat melewati Jembatan Cisomang selama masa perbaikan tiga bulan.

istimewa

Dalam kurun waktu tersebut, penanganan jembatan difokuskan pada dua hal. Yakni, enghentikan pergerakan pada pilar-pilar dan mengembalikan kekuatan struktur jembatan.

Mengacu pada hasil monitoring secara kontinu terhadap pergerakan dan struktur, semua pilar jembatan kini dinyatakan berada dalam stabilitas yang baik.

Struktur jembatan dianggap telah memiliki kekuatan untuk beban standar sesuai desain serta telah memenuhi tingkat keselamatan (safety factor) yang memadai. Kendaraan dengan beban melebihi standar (overload) tetap belum diizinkan untuk melintasi Jembatan Cisomang untuk menjamin keselamatan masyarakat.

Penanganan Jembatan Cisomang dilakukan dengan penuh kehati-hatian yang melibatkan tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu oleh Kementerian PUPR bersama Komisi Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan (KKJTJ), LAPI ITB, dan Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol.

istimewa

Pekerjaan perbaikan Jembatan Cisomang yang sudah dilakukan sejak Desember 2016 lalu meliputi pengupasan tanah (cutting) di sekitar A1 – P0 – P1, pemasangan Strutting Baja yang menghubungkan pilar P2 – P3, pemasangan Bored-pile pada pilar P2 dan Soldierpile di antara pilar P1-P2.

Pekerjaan lainnya adalah pemasangan Connection Beam dari Pilecap Pilar P2 Grouting Epoxy pada A1, P0, P1, P2, P5, A2, dan pemasangan selimut (Carbon Reinforced Fiber Polymer/CFRP) sebagai perkuatan pilar P2, P3, dan P4.