Produsen Truk India Eicher Group Dirikan Akademi Sopir

Eicher merupakan salah satu merk truk lokal yang menjadi pemain kuat di bisnis kendaraan niaga, terutama truk light duty dan medium duty di India.
 

Eicher Group Foundation, divisi kegiatan CSR perusahaan otomotif Eicher Group di India, meresmikan berdirinya Eicher Academy, sebuah akademi untuk mendidik skill mengemudi bagi para sopir truk secara benar. Akademi ini diresmikan pengoperasiannya oleh Eicher Group Foundation hari Kamis, 26 April 2018 lalu di Indore, India. Eicher merupakan salah satu merk truk lokal yang menjadi pemain kuat di bisnis kendaraan niaga, terutama truk light duty dan medium duty di India. Salah satu mitra bisnis Eicher adalah Volvo Truck.

Akademi ini bertujuan mendidik pengemudi agar benar-benar memahami teknik mengemudikan truk secara benar di jalan raya, sebelum mereka direkomendasikan mendapatkan surat izin mengemudi (SIM). Untuk mendidik para sopir, akademi ini juga menjalin kerjasama dengan Pemerintah Negara Bagian Madhya Pradesh.

Training yang diberikan kepada sopir difokuskan pada teknik mengemudikan truk tipe heavy duty dan light duty. Materi yang diberikan mencakup teori dan praktek. Akademi ini dilengkapi dengan peralatan multimedia terbaru dan lengkao di setiap kelasnya. Disediakan juga area test track untuk praktik mengemudi truk, simulator mengemudi terbaru dan laboratorium teknik untuk pendidikan mekanik.

Sesi pendidikan di akademi ini mencakup juga aspek perawatan dan kesehatan kendaraan, aspek keselamatan berkendara serta soft skill sopir. Sopir yang dinyatakan lolos semua tahapan pendidikan akan mendapatkan sertifikat.

"Industri otomotif saat ini dihadapkan pada tantangan masih minimnya ketersediaan sopir yang mumpuni dan punya keterampilan mengemudi bagus. Sebagai wujud tanggung jawab kami sebagai produsen kendaraan komersial, kami mendirikan akademi ini untuk mendidik para pengemudi," kata JP Verma, Vice Presiden VE Commercial Vehicles Eicher Group seperti dikutip India Times. JP Verma juga menegaskan, hadirnya akademi ini juga sekaligus untuk meningkatkan produktivitas para sopir.