Scania Driver Competition 2017 : Ciptakan Pengemudi Berkendara Aman dan Efisien

Scania Driver Competition 2017 : Ciptakan Pengemudi Berkendara Aman dan Efisien
Ajang kompetisi pengemudi khusus bus dan truk Scania, dengan tujuan keselamatan berkendara yang bisa memberikan pengoperasian lebih efisien.
 

Pengemudi merupakan aset besar pada bisnis tranportasi. Memiliki pengemudi yang andal dan cakap merupakan suatu keharusan untuk mendapatkan performa usaha yang baik dan sehat.

Nampaknya PT United Tractor Tbk (UT) sebagai pemegang merek Scania di Indonesia, menyadari hal tersebut.  Acara Scania Driver Competition 2017 pun digelar untuk mendapatkan driver Scania baik bus maupun truk.

Final acara kompetisi yang diikuti oleh berbagai pengguna perusahaan yang menggantungkan performanya pada produk Scania di seluruh Indonesia ini digelar di United Tractors Yard di kawasan Sukapura Cakung-Cilincing Jakarta Utara, Kamis (27/4)

Scania Driver Competitions merupakan ajang pencarian pengemudi truk dan bus terbaik yang telah diselenggarakan Scania di lebih dari 50 negara sejak tahun 2003 dengan peserta lebih dari 300.000 pengemudi.

Tujuan utama dari kompetisi ini adalah untuk sosialisasi dan edukasi pengemudi mengenai keselamatan di jalan raya, pengoperasian kendaraan yang efektif bahan bakar dan ramah lingkungan.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan ajang Scania Driver Competitions pada tahun 2017 ini merupakan penyelenggaraan yang  ketujuh.

Sebagai Leading Transportation Provider di Indonesia, PT United Tractors Tbk (UT) bersama dengan Scania menggelar ajang bergengsi tersebut untuk pertama kali bagi para pengemudi truk dan bus di Indonesia.

Bagi Indonesia, ajang kompetisi khusus Scania ini merupakan yang pertama kali digelar untuk pengemudi bus dan truk. Animo pengemudi truk dan bus Indonesia terhadap ajang ini cukup besar, hal ini terbukti dengan jumlah peserta yang mencapai 390 orang pada saat pendaftaran dibuka.

Pada babak final diperlombakan dua materi, yakni defensive driving and fuel economy yang diadakan di jalan umum. Peserta dinilai secara langsung oleh juri dari cara mengemudi yang baik dan benar sesuai dengan regulasi serta menghasilkan pengoperasian efisien yang dideteksi melalui Scania Fleet Management System C200.

Kedua, adalah boardwalk and knock the king, yang diadakan di United Tractors Yard, Sukapura, dimana hal yang dinilai adalah kecakapan pengemudi dalam bermanuver.

Pemenang juara pertama pada kompetisi ini akan dibawa bertanding di ajang tingkat Asia Tenggara yang rencananya akan digelar di Malaysia pada Agustus 2017 ini.

Kategori Truk

  • Juara 1 : Kukuh Hendrawan, PT United Tractors Semen Gresik.
  • Juara 2 : Arif Rachman Hakim, PT Pamapersada Nusantara
  • Juara 3 : Norianthus, PT Pamapersada Nusantara


Kategori Bus

  • Juara 1 : Feryanto Gini L. - PO Rosalia Indah
  • Juara 2  : Tri Leksono - PO Putera Mulya
  • Juara 3  : Alfius - PO Putera Jaya