Setelah Jakarta, Kompetisi Mengemudi Truk Hino Dutro Akan Sambangi Pontianak

Setelah Jakarta, Kompetisi Mengemudi Truk Hino Dutro Akan Sambangi Pontianak
Setelah Jakarta, Semarang dan Surabaya, kota-kota lain yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah Medan, Pekanbaru, Palembang dan beberapa kota lainnya.
 

Setelah untuk ketiga kalinya kompetisi mengemudi truk Hino Dutro bertajuk Hino Dutro Safety Driving Competition digelar di Kota Jakarta, Selasa dan Rabu (23-24/10/2017), ajang serupa akan dilangsungkan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, pekan depan.

Direktur Sales dan Promosi PT Hino Motors Sales (HMSI), Santiko Wardoyo mengatakan, kontes ini seluruhnya akan menjangkau 10 kota di Tanah Air tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatra. Dua kegiatan kontes serupa sebelumnya sudah dilangsungkan di awal dan pertengahan bulan Oktober 2017 ini di Semarang, dilanjutkan ke Surabaya.

Destinasi yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah Medan, Pekanbaru, Palembang dan beberapa kota lainnya. Santiko mengatakan, populasi kendaraan Hino Dutro makin banyak di Indonesia. Karena itu, kegiatan kompetisi ini diperlukan untuk mengedukasi pengemudi tentang teknik mengemudikan truk Hino Dutro secara aman dan barang yang dikirim tiba di tujuan dengan selamat.

Suasana Hino Dutro Safety Driving Competition 2017 di Kemayoran, Jakarta.

"Kegiatan edukasi ini sekaligus juga menjadi kampanye di kalangan pengemudi truk agar mengemudikan kendaraannya secara aman di jalan raya," ungkap Santiko.

Kompol Herman Ruswandi, Kasi Dikmas Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan, kontes ini bagus untuk memberikan edukasi terus menerus kepada pengemudi.

"Dengan makin sering diadakannya edukasi seperti ini, kampanye tentang keselamatan mengemudi di jalan raya bisa lebih luas tersampaikan ke masyarakat, sekaligus membantu menekan angka kecelakaan di jalan raya," ungkapnya.

Data di Korlantas Mabes Polri menyebutkan, selama tahun 2016 saja sebanyak 372 kecelakaan terjadi setiap harinya. Kecelakaan ini antara lain melibatkan kendaraan besar seperti truk dan bus.  

Kasi Dikmas Lantas Polda Metro Jaya, Kompol Herman Ruswandi mengatakan, ada tiga standar keselamatan yang harus dipenuhi pengemudi agar aman dan selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pertama, kendaaraan harus siap jalan dan dalam kondisi prima. Kedua, pengemudi juga harus siap dan dalam kondisi fit. Ketiga, siap aturan. Pengemudi harus memahami dan menaati rambu-rambu dan  peraturan lalu lintas di jalan raya.
 
Kegiatan Hino Dutro Safety Driving Competition di Jakarta diikuti 160 driver truk dari berbagai perusahaan pengguna loyal truk Hino Dutro. Secara nasional, kegiatan ini menargetkan sekitar 1.000 lebih peserta yang digelar di 10 kota.