Tiga Sopir Truk Cewek Ini Siap Meriahkan Gelaran Jogja Truck Festival 2018

Mereka adalah para wanita tangguh yang sehari-hari bekerja sebagai sopir truk mengangkut aneka komoditi menempuh perjalanan lintas kota, bahkan lintas provinsi, berkilometer jauhnya. 
 

Kontes modifikasi truk akbar yang akan diselenggarakan di Kota Yogyakarta bertajuk Jogja Truck Festival 2018 (JTF 2018) selama dua hari di Jogja Expo Center, 8-9 September 2018 tidak hanya akan menampilkan ratusan truk dan pick up hasil modifikasi dari berbagai daerah di Indonesia. Ajang ini juga akan menghadirkan sejumlah srikandi pengemudi truk Indonesia.

Mereka adalah para wanita tangguh yang sehari-hari bekerja sebagai sopir truk mengangkut aneka komoditi menempuh perjalanan lintas kota, bahkan lintas provinsi, berkilometer jauhnya. Herry Irmayesi, Wakil Ketua Panitia Penyelenggara JTF 2018 mengatakan, mereka sengaja diundang untuk memeriahkan kontes modifikasi truk akbar ini

Satu diantara srikandi sopir truk yang dijanjikan akan tampil adalah Syarifah Firdaus atau lebih dikenal dengan nama Umi Syarifah. Syarifah adalah pengemudi truk tangguh asal Jember, tepatnya dari Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Syarifah yang kini berusia 38 tahun ini sehari-harinya biasa mengemudikan dump truck. 

Syarifah menekuni profesi yang didominasi para pria ini sejak tahun 2015 didorong oeh rasa sukanya pada dunia otomotif. Pilihan sebagai pengemudi truk dia lakoni sebagai tuntutan hidup untuk menafkahi delapan orang buah hatinya. Dalam sehari, Syarifah bisa 8 rit mengangkut aneka jenis material seperti pasir dan batu untuk kebutuhan berbagai proyek konstruksi ke luar kota. Anak terkecil Umi Syarifah saat ini berusia 3,5 tahun. Syarifah resmi berpisah dari suami saat buah hatinya yang terkecil baru 3 bulan dalam kandungan.

Dalam sebuah wawancara di televisi, Syariah mengatakan profesinya kerap mengundang empati banyak orang. Dia kerap mendapatkan oleh-oleh seperti beras dan aneka buah-buahan. Sopir truk lainnya yang juga akan memeriahkan event JTF 2018 adalah Rukhayati dari Baturaja dan Imahwati dari Semarang. Kontes ini akan semakin meriah oleh kegiatan kopi darat para pengemudi truk, musisi Iwan Fals yang akan naik panggung dan hadirnya pelaku industri karoseri besar dari Jepang