Truk Hino Kuasai 57 Persen Pangsa Penjualan Truk di Sumatra Utara

Truk Hino Kuasai 57 Persen Pangsa Penjualan Truk di Sumatra Utara
Di kelas truk light duty truck atau truk kategori II, merk Hino juga berhasil meningkatkan perolehan pangsa pasarnya di Sumatera Utara menjadi 28,38 persen sepanjang 2016
 

Brand Hino berhasil menguasai 57 persen pangsa pasar penjualan truk medium duty di wilayah Sumatra Utara selama tahun 2016 lewat truk Hino Ranger atau dikenal Hino500.

Data terbaru yang dipublikasikan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), agen pemegang merk kendaraan Hino di Indonesia menyebutkan, selama 17 tahun berturut-turut, Hino berhasil menjadi pemimpin pasar penjualan truk kategori III atau medium duty di wilayah ini.

Sementara itu, di kelas truk light duty truck atau truk kategori II, merk Hino juga berhasil meningkatkan perolehan pangsa pasarnya di Sumatera Utara menjadi 28,38 persen sepanjang 2016 lalu melalui penjualan truk Hino Dutro atau dikenal dengan nama Hino300.

Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia Santiko Wardoyo mengatakan, khusus di segmen light duty truck, pihaknya sukses meraih kenaikan penjualan sekitar 10 persen sepanjang tahun lalu jika dibandingkan tahun sebelumnya di tengah situasi pasar yang lesu. Pangsa pasar Hino300 selama 2015 di Sumatera Utara adalah sebesar 18,19 persen.

"Hasil positif ini tidak terlepas dari ketangguhan dan kekuatan truk Hino serta layanan purna jual yang prima," ungkap Santiko Wardoyo dalam keterangan persnya baru-baru ini. Di Medan Hino memiliki cabang dan part depo guna menjamin ketersediaan suku cadang ke pelanggan.

Di Sumatera Utara, Hino memiliki dua jaringan dealer resmi, masing-masing PT Trans Indo Utama (TIU) dan PT Indomobil Prima Niaga Medan (IPN-M).

Tahun ini dan ke depan, penjualan truk Hino diprediksi akan makin menggeliat seiring dengan gencarnya pembangunan infrastruktur yang dijalankan Pemerintah. Antara lain, pembangunan jalan tol Trans Sumatera, jalur layang kereta api di Sumatera Bagian Utara.

"Provinsi Sumatera Utara juga dikenal memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti hasil tambang dan perkebunan yang hingga kini tetap menjadi primadona perekonomian provinsi. Hal inilah yang menjadikan Sumatera Utara merupakan pasar yang sangat penting bagi Hino," kata Santiko.

Santiko mengaku cukup puas atas perolehan penjualan Hino di Sumatera Utara sepanjang 2016 lalu. "Hal ini membuat Hino tetap memimpin pasar medium duty truck di sini. Begitu pula dengan market share Hino yang tumbuh 10 persen di kelas light duty truck, tentunya ini hasil yang membanggakan dan ke depannya akan coba untuk kami pertahankan,” lanjutnya.

Untuk menjaga hubungan dekat dengan pelanggan, secara berkala Hino menyelenggarakan acara dengan para customernya. Seperti baru-baru ini, HMSI bersama dua dealer resminya di Sumatera Utara menggelar acara Hino Night di Kota Medan yang dihadiri sekitar 600 pelanggan setia Hino di Sumatera Utara.

Acara apresiasi pelanggan ini dihadiri Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki.

"Acara ini digelar untuk mempererat tali silaturahmi dan semangat kekeluargaan. Selain itu kami berharap Hino dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan, dan perekonomian di Sumatera Utara,” kata Hiroo Kayanoki.