Volvo Truck Bertekad Membuat Jalanan Lebih Aman

Volvo Truck Bertekad Membuat Jalanan Lebih Aman
Teknologi berperan penting dalam menekan angka kecelakaan, namun harus diikuti dengan kesadaran pengguna jalan termasuk pengendara truk yang acap lalai mengenakan sabuk pengaman
 

Volvo trucks menempatkan keselamatan sebagai dasar landasan dalam menciptakan sebuah produk. Namun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa faktor manusia memberikan pengaruh yang cukup signifikan. Salah satu yang menonjol adalah kurangnya kesadaraan penggemudi truk untuk menggunakan sabuk pengaman.

Oleh sebab itulah Volvo tergerak untuk mengelar seminar ‘Volvo Trucks Safety Experience Day’ yang berlangsung di Gothenberg, Swedia.

Acara yang berlangsung 4-5 Juli silam ini bertujuan memberikan edukasi kepada pengguna Volvo Trucks di seluruh dunia mengenai pentingnya keselamatan berkendara.

"Dalam Laporan Keselamatan Truk Volvo 2017, kami menganalisis dan menjelaskan mengapa kecelakaan yang melibatkan truk terjadi,  bagaimana hal itu terjadi, dan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan konsekuensinya.,” jelas Peter Wells, selaku kepala tim peneliti kecelakaan truk Volvo. “Ini adalah fakta yang  tidak hanya penting untuk pengembangan produk kita sendiri tetapi juga untuk semua orang yang bekerja untuk lingkungan lalulintas yang lebih aman, "lanjutnya.

Laporan Keselamatan Truk Volvo 2017 didasarkan pada penyelidikan kecelakaan Volvo dan data dari berbagai otoritas nasional dan Eropa. Salah satu kesimpulan laporan tersebut adalah bahwa ada kebutuhan yang lebih besar untuk berfokus pada pengurangan risiko bagi pengguna jalan yang rentan seperti pejalan kaki, pesepeda, pengendara motor dan pengendara sepeda motor.

"Dalam dekade terakhir jumlah kecelakaan jalan yang serius yang melibatkan truk-truk besar hampir separuh di Eropa. Namun, kecelakaan truk yang melibatkan pengguna jalan yang rentan belum dikurangi sampai batas yang sama, " kata Carl Johan Almqvist, Direktur Keselamatan Lalu Lintas & Produk Volvo Trucks.

Edukasi tersebut terbagi dalam pengalaman mengemudi truk dengan kecelakaan secara simulasi menggunakan EBS ( Emergency Breaking System), Visi Volvo Trucks dan para ahli untuk safety, dan prioritas keamanan dalam Volvo Trucks sendiri.

Walau pun telah didukung dengan bermacam teknologi canggih, namun apabila tidak didukung dengan kesadaraan menggunakan sabuk pengaman tentu tetap berakibat buruk. Oleh sebab itu ditekankan bahwa kesadaraan menggunakan sabuk pengaman pun menjadi bagian yang ditekankan pada kesempatan tersebut.

volvo trucks