Volvo Trucks : Perkenalkan Teknologi I-Shift dan Crawler Gears Baru Tingkatkan Performa dan Efisiensi Bahan Bakar

Volvo Trucks : Perkenalkan Teknologi I-Shift dan Crawler Gears Baru Tingkatkan Performa dan Efisiensi Bahan Bakar
Volvo Trucks, memperkenalkan teknologi I-Shift terbarunya, yang memungkinkan menambahkan dua crawler gears, sehingga meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar.
 

Pada ajang Indo Mining Expo 2017 di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Volvo Trucks memperkenalkan teknologi terbarunya, yaitu I-Shift versi terbaru yang memungkinkan penambahan dua crawler gears di sistem transmisinya.

“I-Shift, memberikan kemudahan pada pengemudi, juga membuatnya menjadi tidak mudah lelah,” ujar Ian Sinclair, Direktur Produk Global Volvo Trucks.

 Ian Sinclair, Direktur Volvo Trucks Global

I-Shift merupakan sistem transmisi otomatik pada truk Volvo, yang memungkinkan pengoperasian truk berlangsung halus dan menyesuaikan dengan beban yang dibawanya terhadap kondisi medan yang dilalui.

Dengan adanya transmisi seperti ini, pengemudi akan lebih mudah mengendalikan truk dan lebih fokus mengemudi, karena perpindahan percepatan lebih presisi secara otomatik.

Saat ini, I-Shift terbaru diperkenalkan, dengan beberapa kemampuan yang dipadankan dengan crawler gears baru.

Tuas I-Shift dengan Automated Manual Transmission

Dengan crawler gears baru ini, truk bisa melaju dengan kecepatan rendah, sekitar 0,5 hingga 2 km/jam. Hal ini sangat berguna ketika truk dioperasikan pada beban berat di kondisi permukaan jalan yang buruk.

Pengemudi bisa bermanuver dengan presisi dengan kombinasi transmisi I-Shift dan crawler gears baru yang memberi benefit lebih pada perusahaan yang membutuhkan operasional truk di medan sulit maupun di jalan raya.

Gabungan antara crawler gear dengan rasio pada axle, memungkinkan penghematan bahan bakar yang lebih baik di permukaan rata, begitupun kecepatan yang bisa dikembangkan pun lebih tinggi, sehingga efisiensi waktu pun lebih baik.

Transmisi I-Shift dengan crawler gears
Transmisi I-Shift dengan crawler gears

Fleksibilitas ini, didukung oleh teknologi pada trasmisi, yang tersedia sebagai direct-drive maupun overdrive gearbox dengan satu atau dua rasio crawler. Teknologi ini juga memungkinkan untuk menentukan dua rasio crawler mundur.

Hal ini menyebabkan I-Shift dengan crawler gears bisa diaplikasikan dalam berbagai penerapan:

  • I-Shift dengan satu crawler gears maju dan dua crawler gears mundur.

  • I-Shift dengan dua crawler gears maju tanpa dua crawler gears mundur

  • I-Shift dengan satu crawler gears maju tanpa crawler gears mundur

  • I-Shift dengan dua crawler gears maju tanpa crawler gears mundur

Crawler gears mundur, memungkinkan pengemudi bisa memundurkan truk dengan perlahan, sehingga akan memperoleh keuntungan besar, karena bisa bermanuver dengan sangat presisi.

Dengan sistem terintegrasi ini, girboks I-Shift baru yang sudah terintegrasi dengan crawler gears, menjadi lebih panjang 12 centimeter dibandingkan unit I-Shift konvensional. I-Shift dengan crawler gear ini, tersedia untuk Volvo FMX 400 8x4 R, FMX 440 6x6R dan Volvo FH 16 610 5x4T.

Semua truk ini ada pada booth Volvo Trucks di ajang Indo Mining 2017, yang diselenggarakan tanggal 13 September hingga 16 September 2017.