Volvo : Uji Truk Otonom Di Dalam Tambang Untuk Pertama Kalinya

Volvo : Uji Truk Otonom Di Dalam Tambang Untuk Pertama Kalinya
Volvo Trucks mengambil langkah berani dengan menguji truk otonom terbarunya seri Volvo FMX di area tambang bawah tanah sedalam 1.000 meter di Kristinenberg di Boliden, Swedia bagian utara.
 

Truk Volvo FMX self-driving vehicle merupakan truk otonom tanpa pengemudi yang baru saja diluncurkan Volvo awal tahun ini dan ini merupakan yang pertama bagi Volvo menguji truk heavy duty ini di area tambang bawah tanah. 

Claes Nilsson, President Volvo Trucks mengatakan, dari hasil pengujian ini Volvo akan mendapatkan banyak informasi berharga.

"Melalui kerjasama dengan pengelola tambang bawah tanah di Boliden, pengembangan truk otonom ini, pengembangan truk otonom akan memasuki fase baru yang menarik," ujarnya. 

"Ini untuk pertama kalinya truk self-driving ini diuji dalam kondisi yang sebenarnya. Hasilnya akan menjadi masukan berharga untuk misi kita menghadirkan manfaat praktis untuk pelanggan," lanjut Nilsson seperti dikutip Carscoop.

AB Volvo dan Volvo Cars merupakan dua entitas berbeda. Bagi Volvo Cars, penerapan teknologi mobil otonom merupakan hal yang bukan baru lagi. Tapi bagi AB Volvo boleh dibilang menjadi hal pertama dan menjadikannya sebagai pionir bagi penerapan teknologi ini di industri tambang.

Uji coba di dalam tambang merupakan yang pertama kali di dunia