3 Model Bus Terbaru Setra TopClass 500 Tampil di Pameran Busworld di Brussels

New Setra S 531 DT diklaim menawarkan efisiensi di kelas bus touring. Dek bawahnya dirancang fleksibel untuk kebutuhan armada touring jarak jauh maupun kebutuhan angkutan reguler.
 

Setra, pabrikan bus yang terafiliasi dengan Mercedes-Benz, akan menampilkan 3 model bus terbaru di ajang pameran otomotif Busworld bulan Oktober ini di Brussels, Eropa. Setra baru saja meluncurkan New Setra S 531 DT, seri bus double decker (bus tingkat) dari Setra TopClass 500 series baru-baru ini. Seri bus inilah yang nanti akan ditampilkan di pameran tersebut. 

Tiga model seri Setra TopClass 500 yang akan dipamerkan adalah Setra TopClass S 515 HDH untuk segmen touring yang eksklusif, Setra ComfortClass S 511 HD dengan lounge di kabin untuk kebutuhan para VIP dan kebutuhan mengakomodir perjalanan grup-grup kecil, serta bus Setra S 415 LE low entry untuk armada bus antar-kota.

New Setra S 531 DT diklaim menawarkan efisiensi di kelas bus touring. Dek bawahnya dirancang fleksibel untuk kebutuhan armada touring jarak jauh maupun kebutuhan angkutan reguler dengan tetap mengedepankan kenyamanan. Bus ini sudah mengaplikasikan teknologi keamanan terbaru Active Brake Assist 4 dan Sideguard Assist. 

Semua model bus yang ditampilkan menggunakan teknologi pencahayaan LED di bagian headlamp, fitur maximum full stop braking saat bus mendeteksi objek statis  dan teknologi pendeteksi pejalan kaki dengan respon pengereman otomatis. Teknologi-teknologi ini akan membantu pengemudi mencegah bus dari risiko kecelakaan di jalan.

Fitur lainnya yang tak ketinggalan disematkan adalah Sideguard Assist untuk mengatasi risiko blind spot pengemudi melalui penggunaan sensor radar yang langsung memonitor kondisi jalan di sisi kanan badan bus. Saat bus akan membelok, teknologi ini akan memberitahukan kepada pengemudi jika ada pejalan kaki, pengendara sepeda atau objek tak bergerak lainnya. Sinyal itu disampaikan kepada pengemudi dan disalurkan ke kursi pengemudi yang akan langsung bergerak gerak.