Bus Antar Kota Double Decker Pertama di Pulau Sulawesi Resmi Beroperasi

Bus model Highlander Double Decker ini diberi nama oleh manajemen PO Primadona, Dreamliner Aerodeck. 
 

Karoseri bus New Armada di Magelang, baru saja menyelesaikan pesanan satu unit bus double decker untuk armada bus malam antarkota antarprovinsi pertama di Pulau Sulawesi, pesanan Perusahaan Otobus (PO) Primadona, Makassar. Bus ini sudah selesai diproduksi dan pekan lalu sudah resmi dikirim ke Makassar setelah melalui perjalanan darat dari Magelang menuju Pelabuhan Tanjung Perak di Kota Surabaya dan kemudian menggunakan kapal laut menyeberang ke Sulawesi Selatan.

Pekan ini, bus tersebut sudah mulai diujicoba beroperasi, dengan perjalanan perdananya dari Kota Makassar menuju Toraja pada Hari Minggu pagi, 19 Agustus 2018 dan tiba di Kota Rantepao, Toraja, malam harinya.

Bus Highlander Double Decker PO Primadona, Makassar.

Menurut Opin Sanda, pemilik PO Primadona, perusahaannya mengoperasikan bus double decker pertamanya tersebut untuk memperkuat trayek gemuknya di rute Makassar-Toraja Pergi Pulang (PP). Bus model Highlander Double Decker ini diberi nama oleh manajemen PO Primadona, Dreamliner Aerodeck. Nama Aerodeck sepertinya merujuk pada kabin di lantai atas bus yang membuat penumpangnya menjadi sangat leluasa melihat pemandangan keluar saat bus melaju di jalan raya. 

Bus Highlander Double Decker PO Primadona, menggunakan chassis Mercedes-Benz.

Bus Primadona double decker ini menggunakan chassis premium Mercedes-Benz OC500RF 2542 dengan penggerak 6x2 delapan roda. Sebagai bus double decker, tinggi total badan bus ini sekitar 4,05 meter dan membuatnya terlihat sangat jangkung. Dalam sekali jalan, bus ini mampu membawa 37 penumpang yang terbagi dalam dua kelas. Yakni kelas super eksekutif di lantai bawah sebanya 5 seats dan kelas eksekutif sebanyak 32 seats di dek atas. Anda tertarik mencobanya?