Bus Gandeng Iveco Crealis CNG Euro 6 Kini Mewarnai Jalanan di Pantai Gading

Sebanyak 50 unit bus gandeng dengan panjang masing-masing 18 meter diharapkan sudah terkirim pada akhir tahun 2018 ini.
 

Pantai Gading kini resmi mengoperasikan bus gandeng bermerk Iveco setelah Abidjan Transport Company (SOTRA), sebuah perusahaan transportasi ternama di sana, resmi menandatangani pembelian 50 unit bus gandeng Iveco Crealis berbahan bakar CNG Euro 6. Dari total 50 bus kota articulated yang dipesan, sebanyak 26 unit diantaranya telah dikirim dan diserahterimakan oleh Iveco kepada SOTRA baru-baru ini di negara Afrika Barat tersebut.

Secara total, ada 450 unit bus Iveco baru yang dikirim ke Afrika. Sebanyak 50 unit bus gandeng dengan panjang masing-masing 18 meter diharapkan sudah terkirim pada akhir tahun 2018 ini. Pembelian  bus ramah lingkungan Iveco Crealis CNG Euro 6 ini merupakan bagian dari komitmen Pantai Gading menciptakan moda transportasi untuk mendukung mobilitas yang berkelanjutan di masa depan.

Bus gandeng Iveco Crealis berbahan bakar CNG Euro 6 pesanan Pantai Gading

Perdana Menteri Pantai Gading Amadou Gon Coulibaly mengatakan, bus-bus Iveco Crealis yang ditenagai bahan bakar CNG ini adalah kemenangan besar bagi lingkungan. “Pembelian kendaraan ini adalah yang pertama bagi Afrika dan langkah kunci dari keinginan kami untuk meningkatkan layanan transportasi dan kualitas hidup pengguna transportasi di Abidjan," ungkap Amadou Gon Coulibaly seperti dikutip dari situs Sustainable-bus.com.

Dia menambahkan, untuk melanjutkan momentum ini, pemerintah Pantai Gading telah membuat Rencana Pengembangan dan Pembiayaan untuk jaringan transportasi umum nasional, dengan mitra terpercayanya Iveco Bus sebagai penentu standar dalam kendaraan berbahan bakar gas alam.

Pengoperasian bus gandeng Iveco Crealis CNG Euro 6 dinilai membanggakan karena bus ini hampir nol emisi gas buangnya dengan pengurangan 60% dalam NOx dan pengurangan 15% untuk emisi gas karbon CO2. Dibandingkan bus bermesin diesel konvensional, tingkat kebisingan bus ini juga sekitar 50% lebih rendah.

Dirancang untuk melayani penumpang di perkotaan pada rute-rute utama yang sibuk, Iveco Crealis versi 18 meter menawarkan kapasitas penumpang yang besar dengan pengaturan interior yang sangat modern dan menawan. Iveco juga memproduksi Crealis versi listrik.

Iveco Crealis baru-baru ini dinobatkan sebagai pemenang penghargaan "Bus Berkelanjutan Tahun Ini" di ajang pameran kendaraan komersial bergengsi, IAA Commercial Vehicle Show 2018 yang berlangsung di Kota Hannover, Jerman.

Bahan bakar CNG di bus ini bisa dipasok dari proses pengolahan menjadi gs metan dari limbah makanan atau limbah pertanian. Crealis juga telah memperoleh banyak penghargaan seperti "Busworld Comfort Label 2017", "Innovation Award 2018", dan "Bus Berkelanjutan Tahun 2019". Bahan bakar CNG di bus ini bisa dipasok dari proses pengolahan menjadi gs metan dari limbah makanan atau limbah pertanian.