Bus Listrik Goldstone BYD Menarik Perhatian di Auto Expo 2018

Bulan September 2017 lalu, perusahaan ini melakukan serah terima tujuh unit bus listrik e-Buzz K7 ke operator bus kota Mumbai.
 

Goldstone Inftratech Limited memajang dua bus listrik terbarunya di ajang pameran otomotif Auto Expo 2018 di Uttar Pradesh, India, pekan lalu. Satu diantaranya adalah bus listrik e-Buzz K7. Bus-bus listrik ini diproduksi hasil kolaborasi antara produsen bus listrik ternama dan terbesar di dunia yang berasal dari China, BYD Auto Industry Co. Ltd., dengan perusahaan lokal India, Goldstone Group yang berbasis di Hyderabad.

Tampak samping bus listrik e-Buzz K7

Bus listrik buatan Goldstone Inftratech Limited saat ini mulai mendapat tempat di pasar India. Bulan September 2017 lalu, perusahaan ini melakukan serah terima 7 unit bus listrik e-Buzz K7 ke operator bus kota Mumbai Brihanmumbai Electric Supply and Transport (BEST) di Kota Mumbay, India.

Panel kemudi bus listrik buatan Goldstone BYD

.Mumbay merupakan kota metropolitan kedua di negara bagian Maharashtra yang mengoperasikan bus listrik setelah sebelumnya oleh Kota Nagpur. Harga jual bus ini dua kali lipat dibanding bus konvensional yang menggunakan bahan bakar diesel.

Bus listrik e-Buzz K7 ini mampu menempuh jarak 200 km dalam sekali isi baterai dalam kondisi full dengan kecepatan maksimal 70 km per jam. Untuk model e-Buzz K7 merupakan tipe bus listrik ukuran sedang dengan daya angkut penumpang 31 orang. 

Kabin bus listrik Goldstone BYD

Baterai untuk bus ini menggunakan material lithium iron phosphate untuk memastikan keandalan sekaligus daya tahannya dalam berbagai kondisi. Bus ini telah meraih sertifikasi dari Automotive Research Association of India (ARAI), setelah menjalani serangkaian tes. Untuk kenyamanan penumpang di dalam kabin, suspensi pada roda depan dan belakang bus sudah menggunakan suspensi udara.

Telah lolos uji ARAI

Di Indonesia, pada pameran GIICOMVEC yang diselenggarakan pada 1-4 Maret mendatang, akan ada juga bus listrik karya anak bangsa. Saksikan pemeran kendaraan komesial perdana dari GAIKINDO tersebut di Jakarta Convension Center.