Bus Listrik Jenderal (Purn) Moeldoko Tampil di GIICOMVEC 2018

Bus berukuran besar dengan panjang 12 meter ini merupakan hasil pengembangan tim Jenderal (Purn) Moeldoko bersama engineer dari China dan Jerman.
 

Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal Purnawiraan Moeldoko akan membuat kejutan spesial di ajang pameran kendaraan komersial yang untuk pertama kalinya akan digelar oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, tanggal 1-4 Maret 2018 mendatang. Kejutan tersebut adalah premiership bus listrik.

Bus berukuran besar dengan panjang 12 meter ini merupakan hasil pengembangan tim Jenderal (Purn) Moeldoko bersama engineer dari China dan Jerman dan diberi nama Mobil Anak Bangsa (MAB) Maxvel. Dalam konferensi pers pra-event GIICOMVEC yang berlangsung awal Februari 2018, pihak Seven Event, organizer pameran yang ditunjuk Gaikindo menggelar GIICOMVEC 2018 menyebutkan, MAB Maxvel akan ditampilkan di pameran tersebut.

Bus ini akan ditampilkan bersama-sama dengan beberapa bus rancangan dari sejumlah karoseri Tanah Air seperti dari Laksana dan Adi Putro. "Ini adalah bus listrik dari Pak Moeldoko, ada satu unit yang akan ditampilkan," sebut sumber di internal Seven Events. 

Bus listrik MAB Maxvel di akun Instagram Moeldoko

Moeldoko sendiri sudah memamerkan wujud bus ini di akun Instagramnya baru-baru ini. Bus berkelir putih ini jika dilihat dari rancang bangun bodinya, sepertinya tidak sepenuhnya dibangun oleh tim MAB.

Panel bodinya bisa jadi didatangkan dari karoseri Laksana lantaran ada kemiripan dengan desain bodi bus City Line dari Karoseri Laksana yang saat ini dioperasikan sebagai armada bus Transjakarta. Untuk kepastiannya mengenai ini, kita perlu menunggu sampai hari H pameran dibuka.

"Mengikuti Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo untuk memperkenalkan karya anak negeri Mobil Anak Bangsa…. Ini bukti bahwa anak negeri kita bisa melakukan hal yg positif dan pandai-pandai…. Ini juga wujud anak bangsa yg kreatif dan giat membangun bangsanya tanpa banyak ngomong….." tulis Moeldoko di akun Instagramnya.

Tenaga listrik yang dipasok dari baterai di bus ini disebut-sebut bisa menyemburkan tenaga maksimum setara 260 horse power dengan torsi puncak 2.400 Nm.

Bus ini sudah menjalani test jalan. Lama pengisian baterai sekitar 2 sampai 3 jam. Dalam kondisi baterai terisi penuh, bus ini mampu melaju hingga jarak 300 km. Wow! Keren!