Bus Mercedes-Benz OH 1626 Kini Hadir dalam Transmisi Matik

Bus single Mercedes-Benz OH 1626 AT menggunakan transmisi matik yang dipasok dari ZF, perusahaan transmisi kendaraan terkenal asal Jerman.
 

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) kini sudah memasarkan bus single Mercedes-Benz OH 1626 dalam versi transmisi otomatik. Bus ini antara lain sudah cukup banyak dioperasikan sebagai bus kota Transjakarta.

Bus single Mercedes-Benz OH 1626 dalam versi matik ini, masih menyandang sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya.

Antara lain, sistem pengereman full air brake yang lebih pakem, mesin diesel OM 906 LA Euro 3 yang terbukti bandel, serta kaki-kaki full air suspension (suspensi udara) yang pastinya lebih nyaman jika dibandingkan bus bersuspensi per daun (leaf spring) terhadap guncangan di jalan, terutama untuk perjalanan jarak jauh.

Selain itu, rangka sasisnya sudah menggunakan tipe modular, bukan ladder frame.

Ralf Kraemer, Managing Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) saat memaparkan bus Mercedes-Benz OH 1626 AT di acara 'Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo 2017' di ICE, BSD City, Tangerang, Sabtu (6/5/2017) .

Bus single Mercedes-Benz OH 1626 AT menggunakan transmisi matik yang dipasok dari ZF, perusahaan transmisi kendaraan terkenal asal Jerman. Ralf Kraemer, Managing Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) dalam paparannya di acara 'Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo 2017' di ICE, BSD City, Tangerang, Sabtu (6/5/2017) pekan lalu menjelaskan, transmisi ini sudah dilengkapi dengan retarder. 

Mercedes-Benz OH 1626 sudah dipasarkan di Indonesia sejak beberapa tahun lalu dalam varian transmisi manual. Bus ini menjadi salah satu tipe bus laris dan terpopuler dari Mercedes-Benz di pasar Indonesia karena banyaknya perusahaan otobus (PO) yang mengoperasikannya sebagai armada bus antarkota antar provinsi (AKAP) dan bus pariwisata.

Salah satu PO yang memiliki Mercedes-Benz OH 1626 dengan populasi banyak adalah Big Bird untuk armada bus pariwisata dan charter.

Bus ini memiliki gross vehicle weight (GVW) maksimum 16 ton dengan tenaga maksimum 260 horse power. Torsi mesinnya yang relatif tinggi dapat diperoleh pada putaran rendah yang membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien, khas mesin-mesin diesel Mercedes-Benz. Berikut spesifikasi Mercedes-Benz OH 1626 AT:

Spesifikasi:

Mesin: Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3 Diesel, 6-Cylinder in-line, injeksi langsung dengan turbo charger dan intercooler
Bore/stroke: 102/130 mm
Kapasitas silinder : 6.374 cc
Tenaga puncak : 191 kW (260 hp)/2.200 rpm
Torsi puncak: 950 Nm/1.200-1.600 rpm
Clutch: MF 395 Single-plate dry clutches with diaphragm spring. Hydraulically operated shift
Gear ratio: 6.70/3.81/2.29/1.48/1.00/0.73 R : 6.29
Top speed: 120 km/h
Daya tanjak: 43 persen
Axle depan: VL 3/8 D-6.5
Beban maks. axle depan: 5.500 kg
Axle belakang: HH 4/08 D-10.5
Gear ratio: 5,22:1 (47:9)
Beban maks. axle belakang: 10.500 kg
Steering: Power Steering ZF 8097
Roda: 8.25 X 22.5 PR 16 & 11.00 R 22.5
Elektrikal: 24 Volt
Alternator: 28 V/80 A
Baterai: 2x150Ah, 12V
Kapasitas tangki bahan bakar: 300 liter
Panjang sasis (sebelum dikaroseri): 8,776 meter
Radius putar: 9.440
Berat sasis 4.900 kg
Payload 16.000 kg