Daimler Serahkan 18 Unit Mercedes-Benz O500U 1726 untuk Armada Bus Kota Surabaya

Bus Mercedes-Benz O500U 1726 LE menggunakan mesin diesel OM 906 LA Euro 3 dan sudah dilengkapi dengan sistem menajemen engine untuk efisiensi bahan bakar
 

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), distributor penjualan resmi kendaraan komersial Mercedes-Benz di Indonesia, menyerahkan 10 unit bus Mercedes-Benz O500U 1726 tahap kedua kepada Pemerintah Kota Surabaya setelah sebelumnya telah diserahkan 8 unit bus tipe yang sama bulan April 2018 lalu.

Pemkot Surabaya mengoperasikan bus-bus tersebut sebagai armada dengan nama Suroboyo Bus untuk melayani masyarakat Kota Surabaya dengan konsep ramah lingkungan karena untuk naik bus ini penumpang hanya perlu menukarkan botol plastik minuman bekas ke petugas.

Penyerahan 10 unit bus Mercedes-Benz O500U 1726 tahap kedua dilakukan di kantor Walikota Surabaya pada Jumat (4/1/2019) dan disusul dengan peresmian pengoperasikan bus tersebut oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Solusi transportasi efektif dan efisien

Menanggapi serah terima ini, Direktur Marketing Bus Truk Eropa dan Bus Daimler Jung-Woo Park mengatakan, bus Mercedes-Benz yang dipasarkan di Indonesia saat ini berfokus pada upaya menciptakan solusi untuk transportasi dalam kota yang lebih efektif dan efisien.

“Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari konsep yang luar biasa ini, meningkatkan kapasitas dan keandalan transportasi umum sekaligus melindungi lingkungan, dua poin mendasar yang juga terus dihadirkan Mercedes-Benz melalui produk-produknya," ungkap Jung-Woo Park.

Tipe Low Floor, mudahkan akses penumpang 

Dia menjelaskan, Mercedes-Benz O500U 1726 LE merupakan tipe bus low entry untuk memenuhi kebutuhan sistem transportasi umum jalan raya yang memudahkan penumpang saat akan naik dan turun dari bus.

Bus Mercedes-Benz O500U 1726 LE menggunakan mesin diesel OM 906 LA Euro 3 dan sudah dilengkapi dengan sistem menajemen engine untuk efisiensi bahan bakar serta kneeling system yang berfungsi mengatur jarak antara bus ddengan trotorar, menjadikan bus ini mudah digunakan oleh penumpang dengan kebutuhan khusus. Mesin ini terbukti mampu dioperasikan hingga melampaui 1 juta kilometer jarak tempuh tanpa overhaul alias turun mesin.

Jung-Woo Park menambahkan dengan resmi beroperasinya bus kota Suroboyo Bus dengan platform Mercedes-Benz, akan semakin banyak warga Kota Surabaya yang memilih transportasi umum untuk bepergian. "Untuk mendukung hal tersebut Daimler akan terus berinovasi untuk menghadirkan produk dengan teknologi terkemuka dan efisien serta berbagai layanan pendukung yang komprehensif,” ungkap Jung-Woo Park.