Kota Bristol Uji Coba Bus Kota Double Decker Berbahan Bakar Sampah 

Uji coba bus ramah lingkungan ini mendapat dukungan pendanaan dari Pemerintah Inggris senilai 4.8 juta Euro melalui Office for Low Emission Vehicles (OLEV)
 

Kota Bristol di Inggris kini mulai menguji coba pengoperasian bus kota double decker ramah lingkungan berbahan bakar biogas. Bodi bus ini dibuat oleh perusahaan karoseri ADL yang dibangun di atas chassis Scania dan menjadi bus pertama dari 110 unit bus yang akan dioperasikan dalam beberapa bulan mendatang di kota ini.

Uji coba bus ramah lingkungan ini mendapat dukungan pendanaan dari Pemerintah Inggris senilai 4.8 juta Euro melalui Office for Low Emission Vehicles (OLEV), Kementerian Transportasi sebagai bagian dari proyek penyediaan kendaraan ramah lingkungan rendah emisi berupa bus, taksi dan mobil berikut infrastruktur pendukungnya.

Uji coba bus double decker berbahan bakar biogas

Bus yang diuji coba ini memiliki kapasitas 40 tempat duduk dan pengoperasiannya sepenuhnya menggunakan bahan bakar biogas. Biogas ini diolah dari sampah rumah tangga, sampah makanan restoran dan pertanian.

Makanan yang tak terjual di supermarket serta sampah rumah tangga diproses untuk menghasilkan gas biomethane sebagai bahan bakar bus. Bus biogas ini dioperasikan oleh perusahaan First West of England. 

Direktur First West of England, James Freeman mengatakan, pengoperasian bus ini merupakan langkah maju bagi Kota Bristol. Pengoperasian bus ini mampu menurunkan 84 persen karbon dioksida jika dibandingkan bus double decker bermesin diesel konvensional Euro 5.