Masih Gres, Segini Biaya Sewa Jetbus 5 PO Travelink di Bali

Masih Gres, Segini Biaya Sewa Jetbus 5 PO Travelink di Bali
Dipatok lebih mahal?
 

PT Travela Linkar Sejahtera (PO Travelink) resmi menggunakan Medium Single Glass Jetbus 5 edisi khusus 50 tahun Adiputro sebagai bus sewa untuk tujuan pariwisata di  Bali. Didukung desain bodi dan kabin yang spesial, tak banyak perubahan fundamental pada bus anyar yang langsung dilepas melayani para wisatawan yang berkunjung ke pulau Dewata. "Untuk bodi kami sepakat tetap mempertahakan warna dari edisi khusus 50 tahun Adiputro dengan sedikit aksen identitas dari livery kami. Saat ini sudah mulai beroperasi uji coba angkut wisatawan di Bali," buka Christian Hari Kurnia selaku President Director PT Travela Lingkar Sejahtera saat merespon kontak (12/9).

Lantas bagaimana biaya sewanya? 

Biaya sewa Medium Single Glass Jetbus 5 dipatok lebih mahal 

Christian yang mengaku memiliki 20 armada baik Medium Bus dan Big Bus, blak-blakan jika harga sewa Medium Single Glass Jetbus 5 dipatok sedikit lebih mahal. "Untuk biaya sewa medium bus yang biasa per harinya itu Rp 2,2 juta. Nah untuk yang Jetbus 5 ini 20 persen lebih mahal," bisik Christian. Artinya jika dikalkulasi, biaya sewa per hari Medium Single Glass Jetbus 5 PO Travelink ada di kisaran Rp 2,64 juta. 

Bodi bus anyar ini menggapit sasis Mercedes-Benz OF 917 Long yang perdana meluncur di Indonesia akhir tahun 2021. Saat itu Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI), selaku Agen Pemegang Merek niaga Mercedes Benz menghadirkan sasis ini dalam bentuk the newly-improved Mercedes Benz OF 917. Sasis sepanjang 9,1 meter ini merupakan hasil kolaborasi Mercedes Benz dan pabrikan asal Jepang yaitu Mitsubishi yang men-support penuh jantung bus ini menggunakan mesin berkode 4D34i. 

Tempat-tempat eksotis di Bali bakal dinikmati lebih nyaman

Sejatinya OF 917 ditawarkan dalam 2 varian sasis, yaitu 4250 yang dapat memuat 29 penumpang, dan 5300 yang dapat memuat 39 penumpang. Adapun detail nama OF 917 merujuk pada OF (Omni Front) terkait posisi mesin depan, lalu 9 menunjukkan GVW bus dengan total 9 ton, dan 17 menunjukkan tenaga bus yang mencapai 170 ps. Tidak berlebihan untuk mewarat bus ini tetap bekerja optimal, PO Travelink menyiapkan prosedur perawatan rutin.  

"Untuk maintenance bus Travelink (termasuk unit Jetbus 5) dilakukan oleh tim mekanik dan tim teknisi internal kami secara periodik dengan standar keselamatan dan kenyamanan standar pariwisata. Tim mekanik meliputi engine sementara tim teknisi meliputi kelistrikan dan audio," papar Christian. 

 

Antisiasme agen pariwisata menggunakan Jetbus 5 PO Travelink

Tidak hanya itu ia juga mengklaim, PO Travelink juga punya tim khusus untuk perbaikan bodi ringan. "Kami juga ada tim yang bertugas merawat eksterior bodi seperti perbaikan ringan untuk penangan bodi luar seperti lecet-lecet karena pemakaian operasional," tutupnya. 

Baca juga: Pasca GIIAS 2023 Jetbus 5 Adiputro Banjir Pesanan  

Baca juga: Jetbus 5 PO Travelink Resmi Wara-wiri di Bali