Mercedes-Benz Diperkirakan Akan Segera Luncurkan Bus Baru Bermesin Depan di Indonesia

"Mercedes-Benz Indonesia menjawab kebutuhan para pelanggan dan perusahaan otobus dengan meluncurkan berbagai produk chassis bus."
 

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia diperkirakan akan segera meluncurkan bus baru tipe bus bear dalam bentu chassis di pasar Indonesia. Sinyal itu terungkap dari paparan Ralf Kraemer, Managing Director, Commercial Vehicle PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia di acara gala dinner "Mercedes-Benz Club of Millionaires" yang diselenggarakan di Trans Luxury Hotel, Bandung, pekan lalu, tepatnya Kamis, (7/12/2017).

Di acara yang dihadiri puluhan pengusaha angkutan bus pelanggan loyal Mercedes-Benz tersebut, Ralf Kraemer menunjukkan sketsa chassis bus terbaru Mercedes-Benz yang akan dijual di Indonesia. Chassis bus tersebut memiliki gross vehicle weight (GVW) 16 ton dengan tenaga yang lebih besar dari kompetitor di kelasnya.

"Mercedes-Benz Indonesia menjawab kebutuhan para pelanggan dan perusahaan otobus dengan meluncurkan berbagai produk chassis bus yang kemudian menjadi pilihan utama dalam segmen bus premium dan di saat yang sama menyediakan berbagai layanan pelanggan untuk memastikan para pelanggan memiliki rasa aman dan nyaman dalam menjalankan usaha bus mereka.

Bus mesin depan OF 1623 saat diluncurkan di India bulan Mei 2017.

Sebagai sebuah fitur ekslusif dalam acara tahun ini, para anggota diberikan kesempatan unik untuk menjadi yang pertama dalam melihat sketsa bus Mercedes-Benz mesin depan 16-ton yang akan segera diluncurkan, dengan tenaga kuda yang lebih tinggi dibandingkan produk-produk lain di kelasnya," demikian isi materi press relese yang dibagikan Mercedes-Benz ke media tentang acara tersebut.

Saat ini, market bus besar bermesin depan (front engine) dikuasai oleh PT Hino Motors Sales Indonesia (HMS) lewat Hino A215. Hino menjadi satu-satunya pabrikan bus di Indonesia yang memasarkan bus bermesin depan, setelah beberapa merk asal Jepang lainnya mundur dari pasar. Mercedes-Benz sendiri pernah menggarap segmen ini tapi kemudian tidak meneruskan lagi.

Tidak ada informasi resmi lebih detil dari Mercedes-Benz tentang chassis bus baru yang akan meluncur ini. Namun diestimasikan, chassis tersebut adalah bus OF 1623 dengan GVW 16 ton dan tenaga maksimum 230 horse power. Jika dbandingkan dengan chassis Hino A215, chassis OF1623, memiliki GVW 1 ton lebih tinggi dan tenaga sekitar 15 hp lebih powerful.