Mercedes-Benz Juga Jualan Bus Mesin Depan OF 1621 di Argentina

Mercedes-Benz OF 1621 bermesin diesel Mercedes-Benz OM 924 LA bertenaga 108 horse power dan torsi maksimum 780 Nm. 
 

Tidak hanya memasarkan di India dan memperkenalkannya di market Indonesia, Daimler juga menjual bus tipe terbaru bermesin depan di Argentina. Tipe bus yang dipasarkan di negara ini adalah Mercedes-Benz OF 1621 dengan gross vehicle weight (GVW) 16 ton.

Mercedes-Benz OF 1621 ditenagai mesin diesel Mercedes-Benz OM 924 LA bertenaga 108 horse power dan torsi maksimum 780 Nm. Bus ini menggunakan transmisi otomatik Allison T270 dari Allison Transmission yang dilengkapi dengan retarder untuk membuat awet sistem pengereman di bus sekaligus menekan biaya perawatan.

Mercedes-Benz bekerja sama dengan Allison dan dealer resminya di Argentina, Colcar, mengembangkan bus ini untuk dioperasikan sebagai bus angkutan publik di Argentina. Transmisi otomatis di bus ini memanfaatkan torsi mesin untuk memindahkan tenaga dari mesin dan torsinya ke roda.

Perawatan bus ini hanya perlu penambahan berkala oli transmisi dan filter. Sementara, transmisi manual dan tipe transmisi manual yang diotomatisasi sangat bergantung pada kopling yang membutuhkan perawatan lebih ekstra secara berkala.

Teknologi hydraulic retarder di transmisi otomatis Allison T270 ini mampu menekan down time sekaligus memperpanjang usia rem, membuat pengusaha lebih untung mengoperasikan bus ini. Di Argentina, bus Mercedes-Benz OF 1621 dioperasikan sebagai bus kota oleh perusahaan Nueva Metropol dengan rute Jose C Paz dan Saavedra.

Dari hasil pengujian, setelah bus menempuh jarak 168.000 km, brake linings di roda belakang bus masih tersisa 1,3 milimeter.

Penghematan yang didapat dari penggunaan transmis matik di bus ini mencapai 4.277 dolar AS per unit bus per tahun atau setara dengan penghematan 25.662 dolar AS dalam enam tahun pengoperasian bus atau 2,5 juta dolar penghematan yang bisa didapat dari pengoperasian 100 unit bus ini.