Mercedes-Benz Menggebrak Pasar dengan Dua Chassis Baru, Meluncur Hari Ini

Mercedes-Benz OF 1623 RF dan Mercedes-Benz O500RS 1836 menjadi jawaban bagi kebutuhan pelanggan dalam melayani transportasi jarak menengah dan jauh.
 

Mercedes-Benz memang bukan pemain paling dominan di segmen bus besar di Indonesia. Tapi nama Mercedes-Benz sudah diakui di mana-mana sebagai merek bus dengan kualitas bagus. Itu sebabnya, untuk memperkuat penetrasi pasarnya pasar kendaraan niaga di Indonesia, khususnya di segmen bus, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), agen tunggal penjualan kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia, hari ini meluncurkan dua varian bus baru, Mercedes-Benz OF 1623 RF dan Mercedes-Benz O500RS 1836 yang menjadi jawaban bagi kebutuhan pelanggan dalam melayani transportasi jarak menengah dan jauh.

Dua chasssi ini diluncurkan di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (6/12/2018) dengan didukung inovasi dan teknologi Mercedes-Benz yang menjamin keamanan dan kenyamanan maksimal penumpangnya, bekerja sama dengan dua perusahaan karoseri (body builder) Laksana dan Tentrem.

Deputy Director Bus & Van Sales Operation Commercial Vehicle PT DCVI, Adri Budiman di acara peluncuran mengatakan, dua chassis bus baru ini diluncurkan berdasarkan riset dan masukan serta permintaan konsumen loyal Mercedes-Benz di Indonesia.

"Dua varian bus baru,Mercedes-Benz OF 1623 RF dan Mercedes-Benz O500RS 1836 yang menjadi jawaban bagi kebutuhan pelanggan dalam melayani transportasi jarak menengah dan jauh. Peluncuran kedua bus ini juga menandai komitmen DCVI untuk selalu menghadirkan produk terbaiknya demi kebutuhan pasar transportasi di Indonesia," ungkap Adri.

 

Peluncuran Mercedes-Benz O500RS 1936 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (6/12/2018).

Adri menambahkan, dalam peluncuran dua chassis bus terbaru Mercedes-Benz ini, Daimler juga mempertimbangkan trend pertumbuhan pesat infrastruktur transportasi darat di Indonesia, yang mendorong menggeliatnya bisnis transportasi darat berbasis bus. "DCVI memiliki semangat kuat untuk turut meningkatkan kualitas moda transportasi darat," ungkapnya.

Adri juga menjelaskan, chassis bus Mercedes-Benz OF 1623 RF didukung fitur keamanan dan kenyamanan maksimal yang selama ini merupakan prioritas utama bus MercedesBenz. Berbagai fitur keamanan eksklusif dari Mercedes-Benz tersebut adalah sistem pengereman full air brake yang dilengkapi dengan rem tambahan exhaust brake serta open throttle valve.

Kaki-kaki bus ini juga menggunakan stabilizer pada bagian depan maupun belakang serta parabolic spring memberikan kenyaman maksimal bagi penumpang dan pengemudi.

Mesin OM 906 LA Euro 3 di chassis bus Mercedes-Benz OF 1623 RF

Dapur pacunya menggunakan mesin OM 906 LA (Euro 3) bertenaga maksimum 230 horse power dengan torsi maksimum 810 Nm. Sementara, Mercedes-Benz O500RS 1836 versi terbaru merupakan pengembangan dari model bus premium yang telah digunakan oleh para pelanggan dan penumpang bus Mercedes-Benz di Indonesia. Pengembangan transmisi MB G-210 baru menghasilkan torsi yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, menjadikan bus ini lebih tangguh.

Chassis bus terbaru Mercedes-Benz O500RS 1936..

Chassis ini ditujukan untuk transportasi jarak jauh dan industri pariwisata dengan didukung mesin OM 457 LA (Euro 3) yang lebih bertenaga serta sejumlah fitur premium seperti cruise control, sistem pengereman canggih yang mengintegrasikan disc brake, Anti-lock Braking System (ABS) di seluruh roda dan Anti-Skid Regulation (ASR) serta retarder dan suspensi udara dengan rigid beam axle. Namun Adri Budiman belum bersedia membuka harga jual masing-masing chassis ini.