Mercedes-Benz Siap Luncurkan Dua Bus Baru Minggu Depan, Menyiasati Persaingan Semakin Ketat

DCVI tidak menyebutkan masing-masing tipe atau model bus yang akan dirilis tersebut. Namun, patut diduga salah satunya yang akan dirilis adalah bus besar bermesin depan Mercedes-Benz OF1623
 

Persaingan di kendaraan komersial di segmen bus penumpang di Indonesia akan semakin keras tahun depan karena akan banyak model dan tipe baru yang akan meluncur ke pasar. PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), agen tunggal penjualan resmi kendaraan komersial Mercedes-Benz di Indonesia, memastikan diri akan meluncurkan dua bus baru sekaligus untuk market Indonesia pekan depan.

DCVI tidak menyebutkan masing-masing tipe atau model bus yang akan dirilis tersebut. Namun, patut diduga salah satunya yang akan dirilis adalah bus besar bermesin depan Mercedes-Benz OF1623. Ini masuk akal lantaran manajemen DCVI pernah menyatakan akan meluncurkan bus ini tahun 2018 ini setelah sebelumnya mereka memperkenalkan bus Mercedes-Benz OF1623 di ajang pameran kendaraan niaga GIICOMVEC 2018 yang diselenggarakan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO),  Maret 2018 lalu di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Chassis Bus Mercedes-Benz OF 1623

Peluncuran bus Mercedes-Benz OF 1623 akan menandai kembalinya Mercedes-Benz di bisnis bus bermesin depan yang ceruk pasarnya memang cukup besar. Saat ini, segmen bus bermesin depan hanya diisi oleh satu pemain, yakni Hino Indonesia dengan tipe Hino A215.

Daimler pernah menjual bus mesin depan OF1113 di Indonesia sampai sekitar awal tahun 1990-an dan bus ini sampai sekarang masih banyak dioperasikan oleh sejumlah perusahaan otobus di Indonesia.

Mercedes-Benz OF 1623 menggunakan mesin diesel 6-silinder Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3 dengan ladder frame dengan suspensi parabolic leaf spring pada kaki-kakinya serta total gross vehicle weight (GVW) 16 ton. Mesin ini memberikan tenaga maksimum 230 horse power. Jaringan dealer resmi Mercedes-Benz sudah memasarkan chassis bus ini. Di PT Hartono Raya Motors misalnya, chassis ini ditawarkan dengan harga Rp 600 juta (on the road).