Mercedes-Benz Tourismo Generasi Ketiga Meluncur, Masih Pakai Teknologi Brake Assist Generasi Ketiga

Mercedes-Benz Tourismo Generasi Ketiga Meluncur, Masih Pakai Teknologi Brake Assist Generasi Ketiga
New Tourismo dibekali mesin diesel OM 470 dari Mercedes-Benz yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 456 HP atau setara dengan 335 kW.
 

Mercedes-Benz baru saja merilis bus terbarunya, generasi ketiga Tourismo untuk pasar global. Selain Setra, Tourismo juga merupakan seri bus terlaris dari Mercedes-Benz. Di pasar Eropa saja, seri Tourismo merajai penjualan selama puluhan tahun.

Seri Tourismo generasi ketiga diluncurkan Mercedes-Benz di Kota Brussels sekaligus menandai kota ini sebagai sentra lalu lintas transportasi bus di Eropa yang ikonik yang diharapkan bisa menjadi benang merah sukses Tourismo generasi ketiga ini di daratan Eropa.

Istimewa

New Tourismo dibekali mesin diesel OM 470 dari Mercedes-Benz yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 456 horse power atau setara dengan 335 kW. Untuk versi Tourismo RHD terbaru, Mercedes-Benz memasang mesin diesel Mesin OM 470 ini mampu menghasilkan tenaga puncak 335 kW (456 hp). Sebagai perbandingan, untuk tipe Tourismo RHD terbaru, Mercedes-Benz memasang mesin enam silinder yang kompak OM 936 berkapasitas 7,7 liter dengan tenaga maksimum 260 kW (354 hp).Mesin OM 470 ini mampu menghasilkan tenaga puncak 335 kW (456 hp). Pada versi Tourismo RHD terbaru, Mercedes-Benz memasang mesin diesel OM 936 enam silinder berkapasitas 7,7 liter dengan tenaga maksimum 354 horse power atau setara dengan 260 kW.

Mercedes-Benz

New Tourismo dilengkapi dengan beragam fitur keamanan. Selain itu, tersemat pula teknologi sistem pengereman darurat Active Brake Assist 3 (ABA3) sebagai fitur opsional. Fitur ini mampu mendeteksi adanya pejalan kaki dan bus akan melakukan pengereman. Sebagai perbandingan, fitur yang lebih maju, yakni Active Brake Assist 4 saat ini sudah diterapkan di truk Mercedes-Benz Actros. 

Informasi yang berhasil kami himpun menyebutkan, Mercedes-Benz memang belum mengaplikasikan teknologi ABA4 di seri Tourismo terbaru ini lantaran masih butuh waktu. Menurut teknisi Mercedes-Benz, untuk memasang teknologi AB4 di bus-bus yang diproduksinya butuh settingan berbeda.

Begitu juga dengan perangkat lunak untuk menangani data yang dikumpulkan dari perangkat sensor radar yang terpasang di kendaraan. Mercedes-Benz menilai, olah gerak bus berbeda dengan truk. Namun mereka berharap segera bisa mengimplementasikan teknologi ABA4 di bus.

New Tourismo juga dibekali fitur Front Collision Guard (FCG) untuk melindungi pengemudi dan asisten pengemudi saat kecelakaan. di New Tourismo, fitur ini telah mengalami penyempurnaan. Rangka bus ini menggunakan tipe annular frame construction terbaru untuk memberikan perlindungan yang maksimal bagi pengemudi dan penumpang.

Mercedes-Benz mulai resmi memproduksi New Tourismo usai musim panas ini. Tourismo generasi kedua masih akan tetap dipasarkan di negara-negara yang belum menerapkan standar emisi gas buang Euro 6, karena mesinnya bisa menggunakan spesifikasi Euro 4 atau 5.