PT Indotruck Utama dan Steady Safe Gelar Syukuran Operasionalisasi Bus Maxi B 11 R Transjakarta

Indotruck Utama bertindak sebagai distributor utama bus Volvo di Indonesia sekaligus menjadi pihak yang akan memberikan dukungan after sales
 

Setelah resmi diperkenalkan di depan publik pada gelaran pameran kendaraan komersial GIICOMVEC 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, 1-4 Maret 2018 lalu, disusul dengan prosesi serah terima kepada operator PT Steady Safe Tbk, PT Indotruck Utama dan PT Steady Safe Tbk menggelar prosesi acara syukuran operasinalisasi bus maxi Volvo B 11 R untuk armada baru Transjakarta hari ini di Jakarta, Minggu (18/3/2018). 

Syukuran ini dihadiri jajaran manajemen PT Steady Safe Tbk dan PT Indotruck Utama dan menandai segera dioperasikannya bus Volvo B 11 R sebagai armada baru dan pertama bus Volvo untuk memperkuat layanan Transjakarta di DKI. PT Steady Safe merupakan pembeli pertama bus maxi Volvo B 11 R 6x2 di Indonesia untuk armada Transjakarta.

Acara syukuran prosesi operasionalisasi bus Volvo B 11 R untuk armada Transjakarta.

Total ada 122-an unit bus yang dibeli dari tipe yang sama. Indotruck Utama bertindak sebagai distributor utama bus Volvo di Indonesia sekaligus menjadi pihak yang akan memberikan dukungan after sales untuk seluruh armada bus Volvo B 11 R yang dioperasikan PT Steady Safe Tbk.

Acara syukuran prosesi operasionalisasi bus Volvo B 11 R.

Volvo B 11 R merupakan bus maxi untuk aplikasi bus rapid trans (BRT) bertenaga besar dan siap bertarung dengan bus premium lainnya dari Eropa yang sudah lebih dulu memperkuat armada Transjakarta, seperti bus-bus buatan Mercedes-Benz dan Scania. Volvo B 11 R ini menyandang mesin bertenaga maksimum 370 horse power dilengkapi dengan full air suspension pada seluruh titik rodanya.

Untuk memindahkan tenaga yang dihasilkan mesin ke roda, digunakan transmisi 6 speed tipe otomatis dengan retarder. Kabin bus ini mencapai panjang 13,5 meter dan mampu mengangkut hingga 90 penumpang duduk dan berdiri dalam sekali jalan.

Proses penggarapan bodi dan kabin bus ini dikerjakan di Karoseri Laksana, Ungaran, Jawa Tengah. Himawan Dewoto Kunto, Country Director Volvo Buses Indonesia mengatakan, bus BRT Volvo saat ini telah luas digunakan di banyak negara.

Tercatat ada lebih dari 20 negara yang sudah menggunakan bus ini untuk armada BRT dengan lebih dari 20 juta penumpang yang diangkut setiap harinya.