Review: Bus Super Double Decker PO Efisiensi Kebumen

Review: Bus Super Double Decker PO Efisiensi Kebumen
Bus double decker merupakan hal baru di Indonesia. Saat ini PO Efisiensi menjadi salah satu yang menggunakan armada bus berlantai dua ini. Seperti apa isi di dalamnya?
 

Di lintas Pulau Jawa, saat ini tercatat ada dua perusahaan otobus (PO) yang mengoperasikan bus tingkat alias double decker (DD) atau biasa disebut juga super double decker (SDD).

Masing-masing adalah PO Efisiensi sebanyak satu unit dengan armada Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 di trayek pendek Yogyakarta-Purwokerto/Cilacap, dan PO Putera Mulya dengan armada bermesin Scania K410 sebanyak dua unit di trayek Jakarta-Solo-Wonogiri.

Kedua PO bus ini mengoperasikan bus SDD dengan karoseri sama, Adi Putro, Malang. Seperti apa kemewahan bus-bus ini? Baiklah, kita bedah dulu armada SDD PO Efisiensi.

Interior lantai 1 dengan bangku lebar

bus-truck

Bus ini dibeli oleh PO Efisiensi dari Karoseri Adi Putro, langsung saat bus ini untuk pertama kalinya ditampilkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di ICE BSD City 2015 lalu. Bus SDD dengan desain berkonsep Setra 500 Top Class ini sekaligus menjadi project bus SDD pertama dari karoseri ternama Adi Putro.

Sebagai dapur pacunya, Adi Putro menggunakan Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dengan mesin tipe OM457LA 11.967 cc dengan turbo intercooler yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 310 kW (420 horse power) pada 2.000 rpm dengan torsi puncak 1.900 Nm pada 1.100 rpm.

Kinerja mesinnya sepenuhnya dikendalikan secara computerized. 

Fitur keamanannya antara lain rem disc brake,  Electronic Stability Program (ESP) yang membuatnya anti-selip di jalan, plus sistem pengereman anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBS) yang dilengkapi pula dengan Retarder.

Karoseri Adi Putro merancang kabin bus SDD ini dengan kompartemen penumpang di kedua lantai kabinnya.

Lantai bawah dirancang sebagai kelas bus super eksekutif lengkap dengan fitur personal TV/Video di masing-masing kursi penumpang layaknya kursi kelas eksekutif di penerbangan lintas benua. Agar eksklusif, jumlah kursinya yang model Captain's Seat pun dibatasi, hanya beberapa buah saja.

Kursi reclining dengan personal video

bus-truck

Di dek bawah ini di bagian belakang ditempatkan bed empuk sebanyak tiga buah yang bisa menampung tiga penumpang sekaligus yang ingin rebahan selama di perjalanan. Di dinding samping terdapat kaca untuk memberikan visibilitas lega ke arah luar kabin, lengkap dengan curtain. Untuk naik ke bed ini, terdapat tangga kecil di bagian tengah.  

Ruang untuk penumpang merebahkan badan

bus-truck

Lantai atas jumlah kursinya lebih banyak dan dirancang dengan dua bangku di masing-masing baris kiri dan kanan yang dipisahkan oleh lorong.

Masing-masing kursi dirancang sangat ergonimis dengan punggung penumpang, sehingga tidak membuat pegal saat di perjalanan. Menghubungkan lantai bawah dan dek lantai atas ditempatkan sebuah anak tangga dengan desain setengah melingkar.

Tangga menuju lantai 2

bus-truck

Untuk mengakomodasi barang bawaan penumpang, di langit-langit ditempatkan bagasi lengkap dengan penutupnya sehingga kabin terkesan eksklusif ala pesawat terbang. Di masing-masing kursi di dek atas ini juga tersemat personal audio video on demand.      

Lantai 2 tak kalah nyaman

bus-truck

Sebelum dioperasikan sebagai bus reguler, PO Efisiensi sempat mengoperasikan bus eksklusif ini sebagai armada bus charter. Total, bus ini mampu membawa 52 penumpang.

Tersedia Captain's Seat dalam jumlah terbatas

bus-truck

Sayangnya, bus ini tidak dilengkapi dengan toilet untuk keperluan buang air kecil.

Anda tertarik mencobanya? Ini nomor reservasinya: 087757585960, 081257575960 dan 085857585960.

Harga tiket :

  • Lantai atas : Rp 110 ribu
  • Lantai bawah : Rp 120 ribu

Fasilitas :

  • Air mineral
  • Personal Entertainment (VOD)
  • Electric Captain Seat (dek bawah)