Tahun 2032: Separuh Bus Di Dunia Bertenaga Listrik

Tahun 2032: Separuh Bus Di Dunia Bertenaga Listrik
Operator bus patut mencermati hal ini
 

Geliat elektrifikasi dunia untuk kendaraan angkutan massal seperti bus, untuk kesekian kalinya, tidak bisa lagi dianggap sebelah mata. Institusi bisnis sekelas Bloomberg baru saja melansir hasil risetnya soal bus tenaga listrik.

Dikemukanan bahwa sampai tahun 2032, populasi bus tenaga listrik di dunia akan menguasai separuh dari jumlah bus secara keseluruhan yang beredar. Sebab pada tahun 2021 telah terjual sebanyak 600 ribu unit bus tenaga listrik di seluruh dunia. Percepatan ini sebenarnya sudah nampak dari tahun 2018 dimana lebih banyak bus listrik yang terjual tiap tahun dibandingkan mobil pribadi.

Sejumlah kota di dunia juga sedang berakselerasi dengan program elektrifikasi untuk bus kotanya. Ambil contoh New York di Amerika Serikat, tahun 2040 semua bus yang beroperasi di kota ini akan seluruhnya ditenagai energi listrik. Dan diseantero wilayah Amerika Serikat saat ini sudah ada 1.000 unit bus sekolah tenaga listrik, sampai akhir tahun 2023 sudah dipesan tambahan 4.000 unit bus listrik untuk kegiatan antar-jemput sekolah.

Baca juga : Puluhan Ribu Bus Listrik Sedang Diproduksi Di AS

Bus listrik yang beredar saat ini masih didominasi buatan maupun merek asal Tiongkok. Populasi bus listrik di Cina Daratan sendiri juga masih sangat dominan sampai 98 perse dari populasi bus listrik di dunia. Namun berdasarkan riset yang sama diprediksi bahwa mulai tahun 2025 populasi bus tenaga listri di luar Tiongkok akan bertambah signifikan.

Baca juga : MAN Hentikan Produksi Bus Mesin Diesel