Tiongkok Produksi Bus Anti-Covid19

Tiongkok Produksi Bus Anti-Covid19
Bus ini dilengkapi dengan berbagai instrumen yang mampu membunuh 99% virus yang ada di dalam bus
 

Shanghai Sunwin Bus Corporation meluncurkan Healthcare Bus, sebuah bus pintar yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan mutakhir, yang diklaim bebas virus corona pada Maret 2020 silam. 

Dilansir chinabuses.org, Healthcare Bus menjadi salah satu solusi  untuk mengurangir risiko infeksi virus di transportasi umum.

Bus ini dilengkapi dengan alat pengenal wajah, pemindai suhu tubuh, pencahayaan UV dan sistem deteksi gas. 

Sistem akan mendekteksi identitas hingga kondisi suhu tubuh masing-masing penumpang. apabila diketahui ada penumpang yang mengalami demam akan segera dikatahui. Bahkan sistem pintar bus ini pun dapat mengidentifikasi apakah penumpang menggunakan masker atau tidak.

Semua proses pengecekan tersebut dilakukan secara otomatis tanpa kontak dengan penumpang. Dengan demikian tidak menimbulkan antrean panjang saat penumpang padat dan tidak memperlambat jadwal atau waktu operasional bus.

Pada kabin bus juga dilengkapi pencahayaan UV, yang disematkan dalam saluran udara, untuk mensterilkan dan membunuh virus secara efektif.

Pencahayaan UV yang mencapai 20mJ telah terbukti menghancurkan hingga 99 persen bahan genetik (DNA atau RNA) mikroorganisme, bakteri, dan virus yang lebih kecil dari 253,7nm, membuat mereka tidak dapat mereplikasi dan karenanya menghilangkan sumber infeksi. 

Selain itu bus tersebut dilengkapi alat pendeteksi untuk barang-barang yang mudah terbakar yang secara otomatis akan memberi informasi pada pengemudi ataupun otoritas polisi setempat akan barang berbahaya tersebut.