Daimler Dirikan Pusat Riset Truk Mercedes-Benz di Turki

Dengan pendirian pusat R&D truk Mercedes-Benz ini, maka Provinsi Aksaray di Turki kini menjadi bagian dari jaringan global R&D Daimler yang saat ini berada di Jerman, Amerika Serikat, Brazil dan China
 

Daimler AG mendirikan pusat riset dan pengembangan truk Mercedes-Benz yang baru di Turki sekaligus melengkapi fasilitas perakitan truknya yang berlokasi di Provinsi Aksaray, Turki. Mengutip situs Daily Sabah, Rabu (17/10/2018), pusat riset dan pengembangan ini akan menjadi satu-satunya fasilitas riset yang didirikan Daimler AG di dunia dan difokuskan untuk pengujian truk-truk Mercedes-Benz dan engineering services untuk kebutuhan bisnis global Daimler.

Proses konstruksi pusat R&D ini sudah hampir rampung dan menelan investasi 8,4 juta Euro.

Dengan pendirian pusat R&D truk Mercedes-Benz ini, maka Provinsi Aksaray di Turki kini menjadi bagian dari jaringan global R&D Daimler yang berada di Jerman, Amerika Serikat, Brazil dan China serta Jepang.

Saat ini pabrik perakitan truk Daimler di Turki mempekerjakan karyawan sebanyak 2.000 orang. Mercedes-Benz selama ini berkontribusi besar bagi perekonomian Turki sejak 1986 dengan didirikannya pabrik di ANatolia yang memproduksi dan mengekspor kendaraan Mercedes-Benz ke berbagai negara. Sebanyak 251 pekerja diantaranya merupakan engineer berkebangsaan Turki.

Pusat R&D untuk pengetesan truk Mercedes-Benz di Turki menempati bangunan seluas 8.000 meter persegi dari total 40.000 meter persegi kawasan yang dikelolanya. Pusat R&D ini mengapliksikan teknologi virtual reality yang dilengkapi pula dengan dukungan teknologi berstandar Industry 4.0. Para engineer di pusat riset ini akan bisa bekerja sama dengan para engineer di pusat R&D global Mercedes-Benz lainnya di lokasi lain secara bersamaan.

"Para engineer kami di pusat R&D ini siap melayani kebutuhan di bidang engineering untuk Mercedes-Benz di seluruh dunia. Kami bangga bisa menyediakan layanan ini dari Aksaray," ungkap CEO Mercedes-Benz Turki, Suer Sulun.

Direktur R&D Mercedes-Benz Turki, Mustafa Üstertuna mengatakan, pusat R&D ini menguji semua komponen yang terpasang di truk Mercedes-Benz dengan menggunakan peralatan dan software terbaru untuk menguji keandalan dan fungsionalitasnya, menggunakan metode pengoperasian di kondisi yang sesungguhnya. Semua suku cadang yang lolos tes di pusat R&D di Aksaray ini selanjutnya bisa dipasang di truk Mercedes-Benz yang dipasarkan ke seluruh dunia.