GIIAS 2018: Pertama di Indonesia, Isuzu Luncurkan Truk Ringan Elf NMR 81 Bermesin Common-rail

Elf NMR 81 dirancang khusus untuk pasar Indonesia dengan tenaga maksimum tertinggi di kelasnya, mencapai 150 PS.
 

Penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 menjadi momen tepat bagi Isuzu untuk meluncurkan truk terbarunya di segmen light duty, Isuzu Elf NMR 81.

Isuzu Elf NMR 81 merupakan truk pertama di Indonesia di segmennya yang memiliki mesin common-rail sekaligus menegaskan kesiapan Isuzu dalam menyambut pemberlakuan standar emisi gas buang Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel mulai tahun 2021 mendatang.

Truk Isuzu Elf NMR 81 ini diluncurkan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), agen pemegang merk kendaraan Isuzu, di hari pembukaan GIIAS 2018, Kamis (2/8/2018) oleh jajaran manajemen PT IAMI.

Presiden Direktur PT IAMI Ernando Demily di acara peluncuran truk ini mengatakan, dengan menggunakan mesin commonrail Isuzu siap memasarkan truk Euro 4 pada saatnya nanti ketentuan ini diberlakukan.

Isuzu Elf NMR 81 dibekali mesin baru tipe 4HL1- TC dengan injection common-rail

Dia menyebutkan, Elf NMR 81 dirancang khusus untuk pasar Indonesia dengan tenaga maksimum tertinggi di kelasnya, mencapai 150 PS. Truk ini masih sanggup menenggak solar berstandar Euro 2 untuk saat ini. 

Sebelumnya, Pemerintah RI telah menandatangani kesepakatan UN Climate Conference COP21 di Prancis pada tahun 2015, bahwa Indonesia ikut berkomitmen menurunkan emisi sebesar 29% di bawah business as usual pada tahun 2030 atau 41% dengan bantuan International. Penandatanganan dokumen ini diikuti dengan terbitnya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No P.20/MENLHK/SETJEN/KUM1.3/2017, atau yang dikenal dengan Peraturan Euro 4.

Mulai tahun 2018, aturan Euro 4 akan diberlakukan untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan mulai tahun 2021 untuk kendaraan berbahan bakar diesel. 

“Isuzu sangat mendukung dengan keputusan pemerintah mengenai Euro 4. Kami mulai dengan hadirnya Isuzu GIGA sebagai kendaraan medium truk pertama yang menggunakan mesin commonrail, kami lanjutkan dengan Isuzu Elf NMR 81 pada tahun ini," ungkap Ernando Demily.

Attias Asril, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia berharap Isuzu Elf NMR 81 akan menjadi kendaraan yang dapat bersaing di kelasnya. Truk ini diyakini mampu membantu mobilitas niaga di bidang mining, quarrying, agriculture, forestry, fishing, dan construction dengan mengedepankan aspek performa, kekuatan serta faktor keamanan, keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Isuzu Elf NMR 81 dibekali mesin baru tipe 4HL1- TC, dilengkapi dengan injection common rail (145-1600MPa), dengan tenaga maksimum 150 PS serta torsi puncak 1400-2600 rpm. Untuk transmisinya digunakan transmisi manual 6 percepatan agar membuatnya lebih tangguh dalam berakselerasi di berbagai situasi jalan. Suspensi depan dan belakang menggunakan multi leaf spring agar mampu membawa muatan banyak.