Isuzu Luncurkan Truk Ringan Elf Green Grafter dengan Garbox dan Suspensi Lebih Lembut

Berat kabin dan chassis pada Grafter Green versi empat ban telah diturunkan menjadi hanya 1,710 ton atau 152 kg lebih ringan dari versi sebelumnya
 

Pabrikan truk asal Jepang, Isuzu, merilis truk light duty Grafter Green di pasar Inggris 22 Maret 2018 lalu dalam dua pilihan kombinasi ban: empat dan enam ban.

Isuzu Grafter Green yang di Indonesia diberi nama Isuzu Elf NMR ini merupakan tipe truk rigid 3,5 ton dan dibekali mesin diesel berkubikasi kecil 1.898 cc empat silinder berstandar Euro 6 yang dilengkapi dengan teknologi Lean NOx Trap. Sementara, transmisinya menggunakan tipe manual enam percepatan tipe MCV6W.

Kombinasi ini diklaim membuat truk ini sangat nyaman dikemudikan karena begitu mudah dengan perpindahan gigi yang halus serta penyempurnaan pada pedal kopling. Selain itu, mesinnya juga berkinerja halus alias tidak berisik berkat pemasangan engine cover di bagian belakang.

Penyempurnaan Isuzu pada truk Grafter Green ini juga dilakukan pada suspensi depan yang menggunakan tipe baru dan pada steering system.

Berat kabin dan chassis pada Grafter Green versi empat ban telah diturunkan menjadi hanya 1,710 ton atau 152 kg lebih ringan dari versi sebelumnya. Sementara, pada versi enam ban, berat chassis dan kabin 150 kg lebih ringan dari generasi Grafter Green sebelumnya.

"Penyematan Grafter pada truk baru Isuzu Grafter Green tidak hanya sekadar nama. Perubahan dan penyempurnaan yang kami lakukan akan membuat pengusaha bisa mengoperasikan truk yang tangguh sekaligus versatile dan siap diajak bekerja keras untuk beragam kebutuhan," kata Pete Murphy, Managing Director Isuzu Truck UK dikutip Transport Engineer.

Konsumen pertama pembeli truk ini, Steve Collard dari Asosiasi Kontraktor Gedung mengatakan, truk terbaru ini sangat nyaman. "Untuk aspek kenyamanan dan pengemudian, truk ini benar-benar first class dan mengemudikannya serasa seperti menyetir mobil modern," ujarnya.

Matt Gildersleve, manajer di perusahaan Southgate Timber mengatakan, Isuzu Grafter Green terbaru jauh lebih baik ketimbang truk Grafter Green model sebelumnya. "Gearbox di truk ini jauh lebih nyaman, begitu juga suspensinya," ujar Matt.

Ian Lowe dari Town and Country Roofing menyatakan, suspensi Isuzu Grafter Green terbaru sangat lembut dan feel saat mengemudikan truk ini jauh lebih baik ketimbang generasi sebelumnya. "Biaya operasi truk ini juga lebih ekonomis," ungkapnya.