Mercedes-Benz Axor 1623 C M/T, Truk yang Siap Kerja Keras untuk Konstruksi di Indonesia

Truk ini dibekali mesin Mercedes-Benz OM 906 LA 6 silinder bertenaga maksimum 231 PS pada 2.200 rpm dan torsi maksimum 810 pada 1.200-1.600 rpm dengan transmisi tipe G85-6/6.7-0.73 6-percepatan.
 

Di pameran Konstruksi Indonesia 2017 yang baru-baru ini digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Mercedes-Benz memamerkan dua unit truk heavy duty Mercedes-Benz Axor untuk sektor konstruksi.  Masing-masing adalah Mercedes-Benz Axor 1623 C M/T dan Mercedes-Benz Axor 2528 C (6x2) M/T.

Mercedes-Benz Axor 1623 C M/T merupakan tipe truk untuk aplikasi dump (angkutan material dan curah) yang saat ini sangat dibutuhkan pasokannya di pasar untuk mendukung sektor konstruksi dan infrastruktur yang saat ini aktivitasnya terus menggeliat di Tanah Air. Untuk bak belakang (dump) di dua truk ini, Mercedes-Benz mempercayakan karoserinya kepada PT Hydraxle Perkasa (ADR) dari Tangerang.

Mercedes-Benz Axor 1623 C 4x2 M/T merupakan tipe dump truck dengan enam roda. Truk ini dibekali mesin Mercedes-Benz OM 906 LA 6 silinder bertenaga maksimum 231 horse power pada 2.200 rpm dan torsi maksimum 810 pada 1.200-1.600 rpm dengan transmisi tipe G85-6/6.7-0.73 enam percepatan maju dan satu mundur. Final gear ratio atau perbandingan gigi akhir tercatat 5.875 dengan differential lock Inter-wheel. Suspensi depan menggunakan tipe parabolic dengan stabilizer. Sementara, suspensi belakang menggunakan tipe semi elliptic dengan auxialiary spring dan stabilizer.

Mercedes-Benz Axor 1623 C (4x2) saat dipamerkan di Konstruksi Indonesia 2017 di JCC Senayan, Jakarta.

Gross vehicle weight (GVW) tercatat sebesar 16 ton yang terdistribusikan masing-masing sebesar 6 ton di roda depan dan 10 ton di roda belakang. Dalam kondisi kosong, truk ini memiliki bobot 5,880 ton.

Truk ini dapat dipacu dengan kecepatan maksimum 90 km per jam. Untuk mendukung kinerjanya mengangkut muatan berat di medan sulit, truk ini sudah dilengkapi dengan transmisi PTO dengan rasio/rotasi 1.60/searah jarum jam. Dengan wheelbase 3.600 mm, radius putar truk ini mencapai 6.650 mm. Untuk aspek keamanan, selain pengereman standar berupa rem full air, S cam, dual circuit ABS Brake, Mercedes-Benz juga menambahkan sistem pengereman exhaust brake.  Fitur tambahan untuk kenyamanan pengemudi dan untuk hiburan di kabin, Mercedes-Benz melengkapinya dengan cruise control dan MP3 Player, lampu LED dan reverse buzzer. 

Seorang staf wiraniaga dari dealer resmi Mercedes-Benz, PT Alun Indah mengatakan, Mercedes-Benz Axor 1623 C M/T merupakan varian truk Axor dengan kapasitas angkut paling ringan di line up-nya. Begitu juga dari segi harga jualnya. Dealer PT Alun Indah menawarkan truk ini seharga Rp 536 juta per unitnya, harga yang sangat bersaing untuk ukuran truk Eropa jika dibandingkan dengan truk-truk buatan pabrikan Jepang rakitan lokal.

Menurut sang wiraniaga yang kami temui di pameran, harga tersebut merupakan harga LDP (Landed Duty Paid) Jakarta dan sudah termasuk pajak pertambahan nilai 10 persen, namun belum termasuk biaya balik nama (BBN), dan STNK alias masih kondisi off the road.

Mercedes-Benz memberikan garansi 12 bulan berlaku untuk bumper to bumper atau jarak tempuh 100.000 km, mana yang tercapai lebih dulu. Selain itu juga diberikan garansi 24 bulan atau 200.000 km untuk komponen driveline. Mercedes-Benz memberikan support pelatihan untuk pengemudi bagi setiap pembelian truk  Mercedes-Benz Axor 1623 C M/T ini.